1,8 Juta Data Telkomsel Bocor Ke Australia

128
views
Telkomsel
Telkomsel

Berita penyadapan data Indonesia oleh Australia kembali menyeruak, kali ini berdasarkan data intelejen NSA yang dibocorkan Edward J Snowden diketahui bahwa 1,8 juta data Telkomsel telah bocor ke pemerintah Australia yang merupakan negara tetangga terdekat Indonesia.

Telkomsel
Telkomsel

Memang, sejak terjadinya kasus bom Bali pada tahun 2002 lalu, pemerintah Australia dan Amerika Serikat melalui badan intelejen NSA berusaha mengintai kegiatan komunikasi yang ada di Indonesia, para pejabat negara termasuk presiden Indonesia pun tidak luput dari penyadapan mereka. Dan yang menjadi target penyadapan mereka adalah operator Indosat dan Telkomsel.

Kompas mengatakan bahwa penyadapan pembicaraan para pejabat tinggi Indonesia pada 2012, merupakan bagian dari penyadapan melalui operator Indosat, berdasarkan dokumen yang dibocorkan Snowden.
Sedangkan dari operator Telkomsel, intelijen Australia telah mengantongi 1,8 juta data kunci terenkripsi pelanggan anak perusahaan PT Telkom ini.

Baru – baru ini pemberitaan soal skandal penyadapan oleh NSA dan rekan kerjanya di Australia, kembali menjadi topik pemberitaan di The New York Times, kali ini menyoal dugaan penyadapan atas pembicaraan pejabat Indonesia dengan biro hukum di Amerika Serikat yang mewakili Pemerintah Indonesia dalam sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat.

Dari fakta ini, Mampoo sebenarnya berbangga dengan negara kita tercinta ini, karena dengan adanya penyadapan ini dapat terbesit tanda bahwa Amerika Serikat dan Australia benar-benar memperhitungkan keberadaan dan posisi Indonesia. Di mata mereka Indonesia adalah negara yang disegani.