5 Langkah Plus Plus Amankan Jaringan WiFi

731
views
gambar wireless router

Sahabat Mampoo memasang jaringan internet di rumah dan menyebarkannya melalui jaringan WiFi untuk seluruh penghuni rumah?

gambar wireless router

Jika iya, coba cek apakah keamanan jaringan WiFi sahabat Mampoo sudah maksimal ataukah belum dengan melakukan tips 5 langkah amankan jaringan WiFi rumah kalian:

1. Pasang Password
Password wajib buat WiFi rumah, karena tanpa password berarti itu akan memungkinkan setiap orang yang mengetahui SSID (nama WiFi) dapat langsung mengakses internet yang tersedia.

2. Mengenkripsi Router
Mengenkripsi router dengan menggunakan metode WEP, WPA, dan WPA2. Pilih WPA2 untuk standar pengamanan yang paling baru pada router di rumah Anda. Sebenernya hal ini sudah dilakukan pada tahap nomer 1 tadi.

3. Matikan DHCP
DHCP adalah fasilitas yang ada di router untuk memberikan alamat IP secara otomatis kepada perangkan WiFi yang terhubung ke SSID yang bersangkutan. Dengan mematikan DHCP berarti kalian telah satu langkah mempersulit seseorang untuk mengakses internet kalian, karena mereka harus melakukan scanning IP dulu untuk mendapatkan IP.

4. Mac Address List
Setiap perangkat WiFi memiliki Mac Address yang unik. Daftarkan Mac Address perangkat WiFi yang terhubung ke Router. Dan jangan lupa berikan tanda memperbolehkan hanya perangkat dengan Mac Address yang terdaftar saja yang dapat terhubung ke router.

5. Sembunyikan SSID
Agar tidak diketahui oleh umum, kalian dapat menyembunyikan SSID dengan menggunakan fasilitas hide SSID.
Dengan fasilitas ini SSID mu tidak akan kelihatan oleh orang lain. Jika sebelumnya perangkat wireless mu telah terkoneksi, maka secara otomatis perangkat wireless kalian akan tetap terhubung meskipun SSID tidak kelihatan, tapi jangan lupa centang juga kotak “This is hidden network” pada menu pengaturan wireless perangkat kalian.

++ Matikan Guest Network
Beberapa router Wi-Fi membuat jaringan guest network atau jaringan untuk orang lain agar bisa mengakses Internet. Jika guest network aktif, orang lain bisa Internetan tanpa harus menggunakan perangkat yang dipasangkan dengan router, terutama jika password tidak dipasang.

Nah itulah tip dan trik 5 langkah plus plus amankan jaringan WiFi rumah. Selamat mencoba