AWAS! Pose Foto Dua Jari “Peace” Bisa Curi Sidik Jari

369
views
Ilustrasi seorang wanita cantik berpose dua jari / peace pose
Ilustrasi seorang wanita cantik berpose dua jari / peace pose

Berpose dengan dua jari atau peace pose sudah sangat populer, tetapi ternyata dari situ sidik jarimu bisa dicuri lo

Dilansir dari Mirror.co.uk, para peneliti di National Insitute of Informatics (NII) Jepang mengungkapkan penemuan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Ternyata bentuk dan ukuran sidik jari manusia tetap bisa terlihat jelas dalam jarak tiga meter hanya melalui foto saja.

Ini artinya, jika kita berfoto selfie yang pasti jaraknya tak lebih dari tiga meter maka sidik jari kita dapat dilihat dengan jelas.

Dengan adanya hasil penelitian ini, Profesor Isao Echizen, peneliti keamanan dan media digital NII kepada harian Sankei Shimbun mengatakan bahwa berfoto selfie dengan gaya foto dua jari atau peace pose dapat sangat berbahaya. Padahal gaya foto ini sudah sangat mendunia, siapapun pernah melakukannya.
Apalagi musim kampanye ini ya….Oops kembali ke topik

Hacker mencuri sidik jari

Karena foto sidik jari dapat dilihat dengan jelas, maka para hacker akan dapat memanfaatkannya untuk membuat salinan sidik jari para korbannya hanya dengan bermodalkan foto saja.

“Para hacker akan memanfaatkan metode biometrik sidik jari, di mana mereka akan mengurai dan mengimitasinya ke dalam salinan desain sidik jari yang baru. Singkat kata, mereka memalsukan sidik jari orang-orang hanya dengan melihat skema biometrik sidik jari korban,”

Cara mengatasi pencurian sidik jari

Pose dua jari atau peace pose sudah populer dan terkadang sudah diluar kehendak kita untuk berpose seperti itu, untuk itu para peneliti keamanan dan media digital NII tersebut mengusulkan agar sistem keamanan di kamera smartphone ditambah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan lensa dengan film titanium oxide transparan yang akan membuat gambar sidik jari tak akan dapat dilihat lagi.

Android tak aman, iPhone aman

Teknologi sidik jari sebagai keamanan sudah diterapkan oleh kebanyakan smartphone android dan iPhone.

Tapi nyatanya, pemindai sidik jari di smartphone android tidak menerapkan sistem enkripsi, sehingga mudah sekali dibobol, berbeda di iPhone yang menggunakan sistem enkripsi sidik jari.