Awas Rusak Jika Melihat Gerhana Matahari Menggunakan Kamera

105
views
foto gerhana matahari total

Gerhana Matahari Total atau kebanyakan disingkat dengan GMT merupakan fenomena alam yang sangat langka. Maka tak heran jika Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang yang juga bertepatan dengan hari Raya Nyepi bagi umat Hindu sangat dinantikan oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia.
Dan kebetulan sebagian wilayah Indonesia dapat melihat secara langsung fenomena Gerhana Matahari Total yang yang sangat langka ini.

Banyak yang bertanya-tanya, cara melihat Gerhana Matahari Total yang aman, karena siapapun tahu bahwa melihat Gerhana MT secara langsung dapat menyebabkan kebutaan sementara bahkan kebutaan permanen.
Sahabat Mampoo tentu pernah mendengar, salah satu cara melihat gerhana matahari total yang aman salah satunya adalah dengan menggunakan kamera. Apakah cara melihat ini benar?

Seperti yang ditulis oleh Infoastronomy.org, logikanya boleh-boleh saja melihat gerhana matahari dengan menggunakan kamera, karena mata sahabat Mampoo tidak melihatnya secara langsung.
Tetapi yang perlu diingat adalah, kamera lensa tetap perlu dipasangkan dengan pengaman berupa filter matahari.

Pemasangan filter matahari ini sangat perlu dilakukan jika sahabat mampoo ingin melihat gerhana matahari total dengan menggunakan bantuan kamera, karena sinar matahari yang sangat luar biasa terang akan dapat merusak sensor kamera.