Balon Internet Google Terbang Di Atas Langit Indonesia

133
views
Balon internet google
Project Loon - Balon internet google

Balon internet Google atau yang dikenal dengan nama lain Project Loon, pagi ini terpantau terbang di atas langit Indonesia.

Pengguna Android ataupun Iphone dapat mengetahui lintasan Project Loon ini dengan menggunakan aplikasi Flightradar 24 yang dapat didownload di Goolge Play Store maupun di Apple App Store.

Hari Jumat (11 Juli 2014) aplikasi Flightradar24 mendeteksi balon Google tersebut terbang di sebelah ujung selatan Pulau Sumatera – di atas Bandar Lampung – dan balon tersebut terus bergerak ke arah timur dengan kecepatan rata-rata 10 knots di ketinggian 60 ribu kaki.

Balon internet google
Project Loon – Balon internet google

Jika sahabat Mampoo belum mengetahui apa itu balon internet Google atau Project Loon, mampoo akan sedikit menjelaskan bahwa ini adalah proyek yang diadakan oleh Google untuk menyebarkan sinyal Wifi ke daerah-daerah yang tidak dapat menerima internet melalui infrastruktur darat atau wireless lainnya.

Project Loon ini mempunyai misi untuk menghubungkan seluruh jaringan internet dunia. Balon udara Google yang memiliki sumber daya energi sinar matahari ini akan terus terbang dan akan saling terkoneksi antara balon satu dengan balon yang lainnya, hingga akhirnya akan membentuk suatu cincin dan internet di darat yang memanfaatkan balon udara Google ini tidak terputus.

Project Loon pertama kali diuji pada bulan Juni 2013, dan ada 30 balon yang diluncurkan di New Zaeland dan memancarkan sinyal internet ke sejumlah tester di darat.