Cara Mengatasi Masalah Koneksi Internet WiFi Lambat

Inilah cara mengatasi koneksi internet WiFi di rumah, kantor ataupun tempat nongkrong menjadi lambat secara tiba-tiba. Cepat dan mudah

98
views
setting wifi di hp android
setting wifi di hp android

Pada jaman yang serba canggih dan nirkabel (tanpa kabel) seperti saat ini, tentu kebutuhan akses koneksi internet menggunakan perangkat WiFi sangat tinggi, terlebih lagi dengan adanya kehadiran smartphone saat ini.

Tetapi, pernahkah sahabat Mampoo mengalami jika tiba-tiba saja koneksi internet WiFi di rumah, kantor ataupun tempat nongkrong menjadi lambat secara tiba-tiba?

Jika masalah koneksi internet WiFi lambat secara tiba-tiba dan kalau menggunakan koneksi internet WiFi di rumah ini tidak diatasi dengan segera, tentu hal ini akan menghadirkan stress tertentu.
Belum lagi jika sudah keluar pemikiran suah punya akses internet sendiri di rumah dengan langganan dari penyedia jasa internet seperti MyRepublic, FirstMedia, MNC PLay atau Indihome masa mau beli paket internet operator lagi? Tentu hal ini tidak praktis dan pemborosan.

Jika sahabat Mampoo mengalami hal ini, ada satu cara mudah untuk mengatasinya, dan ini sudah Mampoo praktekkan ke tetangga Mampoo yang selalu mengeluh koneksi internet di hp androidnya lambat, padahal di perangkat lain seperti laptop ataupun hp lainnya koneksi internet berjalan normal.

Menanggapi keluhan tetangga tersebut, Mampoo pun kemudian mencoba membantu agar masalah koneksi internet wifi lambat yang hanya terjadi di hp android tetangga mampoo tersebut segera teratasi.

Berikut ini, cara yang mampoo coba untuk mengatasi koneksi internet wifi lambat:

1. Buka menu setting atau pengaturan hp Android.

Untuk membuka menu setting atau android ini, sahabat Mampoo dapat mengusap layar dari atas ke bawah, kemudian pilih gambar roda bergerigi yang biasanya ada di pojok kanan atas.

2. Setelah menu setting terbuka, pilihlah menu WiFi.

Dalam menu WiFi ini sahabat Mampoo akan menemui beberapa sinyal wifi yang sudah terkonek maupun yang sinyal wifi nya terjangkau oleh hp android.

3. Pada daftar sinyal WiFi tersebut, pastikan wifi hp android telah terhubung ke perangkat wifi yang dituju.

Jika sudah terhubung, lakukanlah forget wifi atau lupakan jaringan dengan cara menekan sinyal wifi tersebut agak lama, sekitar 5 detik.

Ketika ditekan 5 detik, pada daftar sinyal wifi tersebut akan muncul menu baru, dan kliklah lupakan jaringan, atau forget network.

forget wifi untuk menghapus seting wifi
forget wifi untuk menghapus seting wifi

Sebelum melakukan fotget network atau lupakan jaringan, sebelumnya pastikan dulu jika sahabat Mampoo menyimpan dan mengingat dengan benar password wifi perangkat tersebut.

4. Setelah melakukan langkah di atas, untuk langkah selanjutnya adalah menghubungkan kembali hp android dengan perangkat wifi yang telah diforget tadi.

Masukkan password dengan benar atau setting lainnya yang dibutuhkan.

5. Cobalah untuk berselancar di browser internet, dan hasilnya pasti koneksi internet akan jauh lebih lancar dan cepat.

Kenapa hal koneksi internet wifi lambat ini bisa terjadi secara tiba-tiba?

Ada kemungkinan hp android atau perangkat wifi yang digunakan sudah “jenuh”, hal ini bisa disebabkan karena tranfer rate data yang terlalu banyak.

Dengan melakukan forget network atau melupan jaringan di hp android, maka oleh perangkat wifi, hp android yang telah dilupakan tadi akan dianggap seperti hp android baru yang baru saja terhubung ke jaringan.