Cara Tes Kecepatan Website Dengan Google PageSpeed Insights

172
views
mobile friendly test
mobile friendly test

Sebagai seorang webmaster, tentu kecepatan website yang dibangun menjadi salah satu perhatian sendiri. Dan melalui Google PageSpeed Insights semua itu dapat dilakukan dengan mudah.

Jika sahabat Mampoo saat ini bergelut dalam dunia pembuatan website ataupun membuat blog untuk pribadi maupun yang lainnya, ada satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan saja ketika website atau blog yang dibuat sudah selesai yaitu soal kecepatan website ketika halaman dibuka atau bahasa kerennya disebut sebagai page load time.

Ada beberapa cara untuk mengukur page load time website yang telah sahabat Mampoo, yaitu memakai Google Pagespeed Insights, GTMetrix dan Pingdoom Tool Test.

Nah, agar tidak menjadi bingung, di artikel ini Mampoo akan bahas dulu bagaimana cara tes kecepatan website dengan menggunakan Google PageSpeed Insights yang telah disediakan oleh Google secara gratis ini.

Google PageSpeed Insights

Kebanyakan blogger dan webmaster akan menggunakan tool pengecekan page load time ini dengan menggunakan tool yang telah disediakan oleh Google ini.

Cara untuk menggunakan Google PageSpeed Insights ini sangat mudah:

1. Buka Google PageSpeed Insights yang disediakan gratis oleh Google di halaman https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

2. Masukkan URL yang akan dites di form yang telah disediakan, lalu tekan enter.

3. Tunggulah beberapa saat

4. Google PageSpeed Insights akan menampilkan hasil tes untuk tampilan website ketika dibuka di hp maupun saat dibuka di komputer atau laptop.

hasil pagespeed insights desktop
hasil pagespeed insights desktop

5. Agar dapat meraih hasil yang maksimal, sahabat mampoo dapat mengikuti beberapa tips yang telah disertakan oleh Google.

Nah, mudahkan caranya.
Perlu diketahui bahwa jika website sahabat mampoo dapat dengan cepat dibuka, maka pengunjung website akan menjadi semakin nyaman dan tentu saja pengunjung website yang akan datang juga akan menjadi semakin banyak.

UPDATE:

Google saat ini telah mengubah algoritma pencariannya dengan mendahulukan pencarian untuk website yang telah mendukung tampilan mobile dan user friendly untuk para pemakai hp atau smartphone.

Untuk itu, cek juga apakah website sahabat mampoo telah Mobile Friendly atau belum dengan mengeceknya di Mobile-Friendly Test yang telah disediakan oleh Google di situs ini

mobile friendly test
mobile friendly test