Diam-Diam Indihome Terapkan FUP Untuk Semua Paket Internetnya

273
views
FUP Indihome
FUP Indihome

Masih teringat jelas di ingatan Mampoo saat dulu ada banyak teman yang bertanya, apakah Indihome tidak ada batasan kuotanya? FUP Indihome nya? Dan lain-lain terkait penggunaan unlimited internet.

Dulu, sebelum Mampoo berpindah ke internet MyRepublic, dengan tegas Mampoo mengatakan bahwa tidak ada batasan penggunaan internet, FUP dan lain-lain, semuanya unlimited. Mau download berapa banyak, nonton video streaming seberapa sering tidak akan mempengaruhi kuota internet ataupun FUP Indihome.
Eh, sahabat Mampoo sudah tahu kan yang dimaksud dengan FUP?
FUP itu kepanjangan dari Fairly Usage Policy atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti aturan penggunaan batas wajar internet.

Nah, akhir-akhir ini tersiar kabar jika Indihome sudah tidak murni unlimited lagi, Indihome telah menerapkan kebijakan batas pemakaian wajar atau FUP ini.
Setengah tidak percaya, Mampoo pun mencari informasi tentang FUP Indihome ini di situs www.indihome.co.id.

Dan benar saja, di halaman www.indihome.co.id/faq poin nomor 32, tertulis jelas, Apakah ada Fair Usage Policy pada layanan IndiHome?
Dan jawabannya pun cukup mengejutkan

Telkom memperhatikan dan peduli terhadap penggunaan layanan Internet secara tidak wajar (fair usage) sehingga Telkom berhak mengelola penggunaan bandwidth pelanggan agar tetap berkualitas, serta berhak mengurangi kecepatan atau menghentikan layanan IndiHome untuk pelanggan yang penggunaannya tidak wajar. Salah satu contoh penggunaan tidak wajar adalah semua bentuk reselling dari layanan IndiHome.

Keterangan:
1. Bila batas Fair Usage belum tercapai maka kecepatan yang dinikmati adalah 100% sesuai paket yg dipilih.
2. Untuk perbandingan, 300 GB setara dengan menonton film kualitas SD selama 1800 jam atau 1200 film. Atau setara dengan nonton film kualitas HD setara 300 jam.
3. Ketentuan Fair Usage ini berlaku bagi seluruh pelanggan IndiHome.

Dengan dalih melindungi pelanggan, Indihome malah membuat kebijakan yang menurut Mampoo malah membatasi akses internet pelanggan, dan sayangnya di sini juga tidak dicantumkan apakah FUP ini termasuk dengan saat sahabat Mampoo menonton acara Indihome atau tidak.

Telkom sendiri membuat kebijakan FUP Indihome berbeda-beda sesuai dengan paket langganan yang diambil. Berikut ini FUP Indihome untuk masing-masing paketnya:

1. FUP Indihome 10 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

2. FUP Indihome 20 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 20 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 500 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 800 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

3. FUP Indihome 30 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 30 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 700 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

4. FUP Indihome 40 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 40 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 900 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 1600 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

5. FUP Indihome 50 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 50 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 1200 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja hingga mencapai 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited.

6. FUP Indihome 100 Mbps
Untuk layanan dengan kecepatan 100 Mbps maka Fair Usage yang diberikan adalah hingga 2000 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 50% unlimited.

Sekedar bercanda sahabat Mampoo, mungkin ini juga menjadi alasan bagi Telkom untuk memblokir Netflix, karena Indihome telah membuat kebijakan FUP, dan jika sahabat Mampoo berlangganan Netflix dan menonton film-film dengan kualitas HD milik Netflix, maka bisa dipastikan sahabat Mampoo akan terkena dampak FUP ini yang pada akhirnya kecepatan Indihome sahabat Mampoo akan turun, dampaknya menonton acara Netflix dengan paket internet Indihome inipun menjadi tidak lancar.