Era Komputer Wearable Berpindah Ke Telinga

62
views
gambar Taniguchi ear switch

Semenjak kemunculan Google Glass, era komputer wearable atau wearable computer yaitu komputer yang dapat dipakai sehari-hari layaknya baju, dan aksesori tubuh lainnya mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Dibuat oleh staf Universitas Hiroshima City University, Kazuhiro Taniguchi. komputer wearable ini berbentuk seperti alat bantu dengar yang menempel di telinga ataupun mirip seperti wireless bluetooth. Antarmuka prototipe perangkat menggunakan gelombang inframerah untuk mendeteksi ketika pemakai membuka dan menutup mulutnya. Gerakan-gerakan yang sesuai mengirim sinyal perintah kembali ke perangkat. Dapat dibayangkan, aplikasi dapat dibuat untuk perangkat yang akan membiarkan Anda melakukan hal-hal seperti mengambil informasi lalu lintas atau mendapatkan arah dengan memutar kepala atau menggigit.

gambar Taniguchi ear switch - komputer wearable

Pada perangkat yang oleh Taniguchi disebut sebagai Ear Swirch ini tertanam kompas, barometer, speaker dan mikrofon, gyro-sensor, baterai dan fungsi GPS.

Pada video dibawah ini, menunjukkan dengan jelas bagaimana Ear Switch ini mampu memberikan informasi yang akurat mengenai tempat dan menunjukkan arah ke suatu tujuan dengan tepat kepada pemakainya.

Keuntungan satu lagi dari Ear Switch ini adalah, perangkat ini tidak terlihat, karena dapat disamarkan dengan rambut ataupun topi si pemakai, hal ini tentunya sangat berbeda dengan Google Glass.