Father of Pac-Man, Masaya Nakamura Tutup Usia

308
views
game pac-man
game pac-man

Masaya Nakamura yang dikenal sebagai father of Pac-Man meninggal dunia di usianya yang ke-91

Perusahaan game Namco mengumumkan secara langsung meninggalnya salah satu orang penting di dunia game, Masaya Nakamura yang juga dikenal sebagai father of Pac Man.

Nakamura meninggal dunia pada tanggal 22 Januari 2017 dan meninggal di usianya yang telah menginjak 91 tahun.

Nakamura dikenal mulai membangun usahanya pada tahun 1955, dimana pada tahun tersebut Jepang baru saja pulih dari dampak Perang Dunia 2.

Jepang yang sebelumnya telah lama terkungkung dalam suasana perang, pada tahun tersebut sangat haus akan hiburan dan juga permainan.

Nakamura pun memulai usahanya dengan membuat wahana kuda-kudaan dari kayu dan meletakkannya di tengah pusat perbelanjaan yang ada di Jepang.

Pada tahun 1960, usaha Nakamura tersebut semakin berkembang terlebih lagi setelah menjalin kerjasama dengan Misukoshi yang merupakan rantai pusat perbelanjaan di Jepang.

Setelah sukses di dunia wahana tersebut, Nakamura pun akhirnya mulai membangun usaha di dunia video game.

Pada tahun 1970 lahirlah Namakura Manufacturing yang merupakan perusahaan pembuat software game. Nama Nakmura Manufacturing akhirnya berubah menjadi nama Namco.

Namco semakin berkembang dan akhirnya membeli perusahaan game Atari. Berkat perjanjian jual beli, Namco berhak mendistribusikan game buatan Atari di Jepang selama 10 tahun.

Namco akhirnya juga berhasil membuat game sendiri bergenre arcade yang berjudul Galaxian. Game ini merupakan jawaban persaingan dengan game Space Invader bikinan Taito.

Pada tahun 1980, perusahaan Masaya Nakamura membuat game Pac-Man yang dibuat oleh Toru Iwatani. Karakter Pac-Man sendiri diambil dari bentuk pizza untuh bulat namun sudah terambil satu potong.

Meskipun game Pac-Man dikerjakan oleh Iwatani, namun tanpa persetujuan dari Nakamura, tentulah game Pac-Man yang sangat legendaris tersebut tak akan lahir.

Atas dedikasi dan prestasinya, pada tahun 2007 Nakamura mendapatkan penghargaan sebagai Order of The Risin Sun dari Pemerintah Jepang.