FBI Me-Warning Pengguna Android Terkait Mobile Malware

140
views
android malware
android malware

The Internet Crime Complaint Center (IC3), yang merupakan bagian dari FBI mengeluarkan peringatan kepada pengguna Android terkait infeksi malware yang telah menyerang sistem operasi Android.

android malware
android malware

IC3 mengatakan beberapa versi terbaru dari malware yang menginfeksi pengguna Android adalah Loozfon dan FinFisher.

Loozfon memiliki cara kerja yaitu dengan mengirimkan e-mail dengan link yang menjanjikan bayaran dengan hanya mengirimkan email ini kepada beberapa teman anda “a profitable payday just for sending out email,” kemudian ketika link tersebut diklik, maka software malware tersebut akan melakaukan embeds sendiri ke telepon. Malware ini mampu mencuri informasi dari pengguna Android yang terinfeksi.

FinFisher, di sisi lain, adalah spyware dan dapat mengambil alih komponen smartphone dan dapat melakukan remote terhadap peralatan android anda, dimanapun anda berada. Menurut IC3, malware ini juga diinstal melalui link e-mail palsu atau pesan teks. FinFisher dapat dengan mudah menular ke Smartphone ketika pengguna mengunjungi link web tertentu atau membuka pesan teks menyamar sebagai update sistem.

IC3 memeberikan beberapa tips bagi pengguna Android untuk melindungi perangkat mobile mereka, yang meliputi sistem operasi yang terenkripsi, perlindungan passcode, perlindungan malware, mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, memahami aplikasi yang geolocate, dan menghindari menghubungkan ke jaringan nirkabel yang tidak dikenal.