Google Ganti Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id

94
views
blogger
blogger

Para blogger di Indonesia yang menggunakan layanan Blogger milik Google pasti akan sedikit heran ketika mereka melihat URL blog mereka dari www.namablog.blogspot.com menjadi www.namablog.blogspot.co.id.

Jika sahabat Mampoo termasuk golongan Blogger yang heran tersebut, maka mulai saat ini jangan merasa heran lagi, pasalnya Google telah memberlakukan pemaksaan pemakaian domain lokal sesuai lokasi blogger yang bersangkutan.

Sebenarnya pemaksaan ini telah dilakukan oleh Google sejak tahun 2013 lalu di beberapa negara belahan dunia, namun Google baru menerapkan aturan tersebut di Indonesia pada tahun 2015 ini.

blogger
blogger

Google beralasan bahwa dengan kebijakan ini, konten kontroversial akan mudah dikontrol. Jika Google mendapatkan permintaan dari pemerintah Indonesia untuk menghapus konten kontroversial suatu blogspot di Indonesia, maka Google akan memblokir konten tersebut untuk dapat tampil di Indonesia, tetapi konten tersebut masih dapat terlihat apabila dibuka dari negara lain.

Jika pengguna Blogspot ingin dapat melihat konten domain lain dan tidak ingin dialihkan secara otomatis oleh Google, maka mereka bisa menambahkan ncr (no country redirect) di belakang domain yang mereka buka. Misalnya www.namablog.blogspot.com/ncr.

Efek buruk pemaksaan pemakaian blogspot.co.id ini adalah mungkin saja rangking SEO para blogger Indonesia akan mengalami perubahan