Ini Cara Berbagi Lokasi Menggunakan Whatsapp

182
views

Musim mudik telah tiba, dan jika sahabat Mampoo ada yang mudik menggunakan kendaraan pribadi secara rombongan ataupun menggunakan transportasi umum, tak jarang selalu menyempatkan diri untuk berbagi lokasi saat ini dengan orang-orang atau keluarga tercinta.

Biasanya, saat berbagi lokasi kita lebih memilih menggunakan google maps, dan kemudian melakukan copy lokasi kita yang ada di google maps untuk kemudian kita paste di WhatsApp. Nah cara tersebut ternyata untuk saat ini sudah dianggap cukup ribet, karena sahabat Mampoo harus membuka dua aplikasi sekaligus.

Ada cara yang lebih mudah dan cepat saat ingin berbagi lokasi sahabat Mampoo saat ini, yaitu dengan menggunakan WhatsApp.

Whatsapp ternyata memiliki fitur yang tak sekedar berguna untuk chatting saja, tetapi juga bisa digunakan untuk berbagi lokasi secara langsung.

Begini cara berbagi lokasi menggunakan Whatsapp yang lebih mudah dan tidak ribet:

1. Buka Jendela Chatting

Buka jendela chatting yang akan dikirimi lokasi kita saat ini.

2. Tekan icon / gambar clip
screenshot_2017-06-19-12-07-32
Tekan icon atau gambar clip yang ada di jendela percakapan.

3. Pilih Location

screenshot_2017-06-19-12-07-36
Pilih location untuk menandai lokasi sahabat Mampoo saat ini.

Apabila sahabat Mampoo baru menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, akan keluar sebuah kotak pertanyaan yang intinya sistem meminta izin untuk mengakses lokasi Anda (GPS). Klik saja “Allow” agar Whatsapp mendapatkan hak akses untuk melacak lokasi sahabat Mampoo saat ini.

4. Pilih Lokasi dan Bagikan

screenshot_2017-06-19-12-07-44

Whatsapp pada dasarnya telah mengetahui lokasi sahabat Mampoo saat ini.
Tetapi untuk memperjelas lokasi sahabat Mampoo saat ini, sahabat Mampoo juga bisa memilih beberapa lokasi yang telah disediakan oleh Whatsapp.

screenshot_2017-06-19-12-08-06

Setelah sahabat Mampoo memilih lokasi, secara otomatis pilihan lokasi tersebut akan dikirimkan melalui jendela chat.

Share Location Whatsapp ini bisa dibuka di perangkat dan aplikasi manapun. Jika gambar peta yang telah dikirimkan di Whatsapp diklik, maka lokasi tersebut dapat juga dibuka di Google Maps untuk kemudian dijadikan arah tujuan untuk menghidupkan GPS yang menunjukkan jalan menuju lokasi sahabat Mampoo saat ini.