Ini Daftar Motor Indonesia Yang Laris Di Luar Negeri

Yamaha menjadi juara eksport motor ke luar negeri, jauh mengalahkan Honda.

356
views
Foto yamaha nvx
Foto yamaha nvx. Paultan.org

Honda yang menjadi jawara di pasar motor dalam negeri terpaksa harus bertekuk lutut di hadapan kompetitornya jika membicarakan jumlah motor yang diekspor untuk dijual di pangsa pasar luar negeri.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), jumlah ekspor motor Honda hanya di angka 8.178 unit dan motor Honda yang paling banyak diekspor adalah Honda BeAT eSP dengan jumnlah sebesar 4.933 unit.

Angka ekspor motor yang didapat Honda tersebut jauh dari angka ekspor Yamaha yang mencapai 16.620 unit dengan model yang paling diminati adalah Yamaha NMax sebanyak 5.000 unit, kemudian disusul oleh model Yamaha Sout GT dan Yamaha MX King dengan jumlah masing-masing 3.000 unit.

Sementara itu TVS yang merupakan merk asal India yang memiliki pabrik di Indonesia juga berhasil menaklukkan Suzuki dan Kawasaki untuk urusan ekspor motor ke luar negeri ini.

TVS berhasil mengekspor motornya ke luar negeri sebanyak 2.197 unit, sedangkan Suzuki hanya 1.131 unit dan Kawasaki hanya 280 unit.

Jika dicermati dari data tersebut, tentu sahabat Mampoo dapat menilai sendiri, jika motor buatan Indonesia yang laris di pasar luar negeri adalah jenis motor skutik, hal ini terbukti jika Yamaha NMax dan Honda BeAT serta Yamaha SoulGT yang merajai.