Ini Dia 5 Orang Indonesia Yang Masuk Ke Daftar Orang Terkaya Se-Asia

110
views
orang terkaya di Asia
orang terkaya di Asia

Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Asia. Di posisi teratas, Samsung Grup yang dimiliki oleh keluarga Lee dari Korea Selatan menjadi yang teratas dengan memiliki pendapatan setara 22 persen dari PDB Korea Selatan.

Dalam daftar 50 orang terkaya se-Asia yang dirilis oleh Forbes ini, India menempatkan 14 orang wakilnya. Menariknya dalam daftar orang terkaya di Asia ini, setengah dari daftar adalah para pebisnis yang memiliki darah keturunan China, namun tidak ada satupun yang menjalankan bisnisnya di China.

orang terkaya di Asia
orang terkaya di Asia

Indonesia sendiri menempatkan 5 orang dalam daftar 50 orang terkaya di Asia ini, siapa sajakah mereka ini?

1. Keluarga Hartono, Pemilik Perusahaan Rokok Djarum.

Keluarga Hartono yang merupakan pemilik perusahaan rokok Djarum ini menempati posisi ke 12 dalam daftar 50 orang terkaya se Asia dengan kekayaan mencapai USD 12,7 miliar.

Djarum yang saat ini dipimpin oleh keturunan dari pendiri Djarum, Oei Wie Gwan, yang bernama Budi Hartono dan Bambang Hartono sukses menjalankan bisnisnya tidak hanya di sektor rokok saja.

Grup Djarum saat ini telah melebarkan sayap ke berbagai sektor bisnis seperti perbankan, agrobisnis, elektronik dan multimedia.

2. Keluarga Widjaja, Pemilik Perusahaan Sinarmas

Keluarga Widjaja, pemilik perusahaan Sinarmas menempati posisi ke-28 dalam daftar 50 orang terkaya di Asia.

Eka Tjipta Widjaja, sang pemilik Sinarmas memiliki perusaahaan induk dalam bidang agrobisnis yang bernama Golden Agri yang merupakan produsen kelapa sawit terbesar kedua sedunia.

Selain perusahaan Kelapa Sawit, Eka Tjipta Widjaja juga memiliki beberapa usaha lain seperti pabrik kertas, investasi, tambang batubara dan pembangkit listrik.

3. Keluarga Lohia. Pemilik Grup Indorama Ventures

Sri Prakash Lohia, imigran asal India yang saat ini berdomisili di Inggris menjadi orang terkaya nomor tiga di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD 5,4 miliar.

Keluarga Lohia memulai usahanya pada tahun 1976 dengan membuat pabrik benang pintal, lalu berkembang hingga membuat produk industri dan sarung tangan medis.

Usaha orang terkaya nomor tiga di Indonesia ini semakin moncer setelah pada tahun 2012 lalu berhasil mengakuisisi Old World Industries Inc yang merupakan pabrik kimia terkemuka asal Inggris.

4. Keluarga Wonowidjojo Pemilik Gudang Garam

Keluarga Wonowidjojo, pemilik Perusahaan rokok Gudang Garam yang berbasis di Kota Kediri menjadi orang terkaya nomor 32 di Asia. Total kekayaannya ditaksir mencapai USD 4,9 miliar

Gudang Garam yang saat ini dipimpin oleh Susilo Wonowidjojo yang merupakan anak pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo menduduki peringkat keempat orang Indonesia terkaya.

5. Keluarga Salim Pemilik Indofood

Keluarga Salim menjadi orang terkaya nomor 5 dan menempati posisi ke 37 di daftar orang terkaya se Asia dengan kekayaan mencapai USD 4,1 miliar.

Taipan bisnis Sudono Salim yang meninggal dunia di Singapura membangun jaringan bisnisnya melalui PT. Indofood Sukses Makmur dengan produk Indomie-nya.

Namun Sudono Salim tidak hanya terpaku di satu sektor bisnis itu saja, beberapa sektor industri seperti toko serba ada, perbankan, semen dan otomotif juga digeluti.

Setelah Sudono Salim meninggal dunia, penerus kerajaan bisnisnya adalah Anthony Salim. Di bawah kepemimpinannya, Indofood melebarkan sayapnya ke mancanegara.

Basis usahanya di bidang makanan turut menggandeng Nestle S.A untuk mendirikan PT. Nestle Citarasa Indonesia.
Anthony Salilm juga berhasil merebut Sugar Group di Lampung yang sebelumnya disita BPPN dan kemudian mendirikan tiga pabrik gula sekaligus di Muara Enim dan Sumatera Selatan.