Inilah Yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Kalium Seperti Rossa

191
views
buah pisang sumber kalium
buah pisang sumber kalium

Rossa tiba-tiba saja dikabarkan masuk rumah sakit dan diagnosa dari dokter mengatakan bahwa diva Indonesia tersebut mengalami gejala kekurangan kalium.

Nah, untuk menghindari kejadian yang sama seperti Rosa terjadi pada diri kita, ada baiknya sahabat Mampoo mengetahui apa yang terjadi jika tubuh kekurangan kalium.

Kalium adalah salah satu elektrolit penting yang ada dalam tubuh. Kalium bersifat basa dan merupakan 5% dari kandungan mineral total yang ada dalam tubuh. Kalium bersifat mudah diserap oleh tubuh, dan hampir 90% kalium ini ternyata dibuang melalui ginjal bersama limbah atau racun dari dalam tubuh.

buah pisang sumber kalium
buah pisang sumber kalium

Nah, lalu apa yang terjadi jika tubuh sahabat mampoo kekurangan kalium?
Tentu salah satu gejalanya adalah seperti yang dialami oleh Rosa yaitu akan sering merasa kelelahan, kulit kering, kelemahan otot dan refleks yang lambat.
Jika gejala-gejala ini diabaikan, maka penyakit kekurangan kalium ini akan dapat menyerang jantung.
Selain mempengaruhi kinerja jantung, kekurangan kalium juga dapat menyebabkan penyimpangan fungsi hati .

Agar terhindar dari penyakit kekurangan kalium, maka sahabat mampoo harus sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar seperti kentang, jeruk, wortel, kubis, bawang, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, salmon, sarden dan buah pisang.