Jelang Pengumuman Hasil Pilpres, Kominfo Jaga Situs KPU

161
views
situs kpu

Sejak pilpres dilakukan di seluruh Indonesia, dan penghitungan suara juga telah dilakukan, situs KPU memang menjadi sorotan seluruh Indonesia, apalagi menjelang pengumuman hasil pilpres yang akan dilakukan pada tanggal 22 Juli 2014 nanti

Namun bagi sahabat Mampoo yang mempunyai niat jahil untuk mengusili situs KPU ini, hendaknya berpikir lebih dari seribu kali.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengancam akan menghukum aksi hacker yang mengusili situs KPU dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yaitu hukuman penjara 10 tahun atau denda sebesar Rp 10 miliar sesuai dengan yang diatur dalam pasal 30 UU ITE. Dimana disebutkan bahwa setiap orang yang sengaja dan tanpa hak melawan hukum mengakses kompter atau sistem elektronik dengan cara apapun melanggar, menerobos, melampaui atau menjebol sistem pengamanan maka ancaman hukumannya penjara 6 tahun atau denda Rp 600 juta.

situs kpu

Selain itu disebutkan juga dalam pasal 32 UU ITE dimana orang yang mengubah, menambah, mengurangi, memindahkan, menyembunyikan suatu informasi elektronik atau dokumen orang lain ancaman hukumannya penjara 8 tahun atau denda Rp 2 miliar.

Jika sampai si pembuat ulah membuat sistem tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, maka akan dijerat dengan pasal 33 UU ITE, yaitu peretasnya diancam hukuman penjara 10 tahun atau denda Rp 10 miliar.

Semoga pengumuman pilpres 2014 yang berlangsung besok dapat aman dan tertib. Situs KPU pun semoga tidak dijahili oleh para hacker.