Kabel Fiber Optik Bawah Laut Dicuri Menjadi Penyebab Seringnya Gangguan Internet

126
views
Indosat
Program Indosat Serba 1000

Polisi ungkap pencurian kabel fiber optik bawah laut di Kepulauan Riau. Pencurian kabel fiber optik bawah laut diduga menjadi penyebab seringnya terjadi gangguan koneksi internet di Indonesia.

Indosat
Program Indosat Serba 1000

Bermula dari laporan PT Indosat, pemilik kabel optik yang dipasang tahun 1990-an itu, yang diterima pada 10 Juni 2013. Tiga hari kemudian, yakni pada 13 Juni 2013, polisi sudah bisa menemukan tempat penampungan kabel tersebut. Para penyelam dan penadah juga langsung ditangkap.

Kepala Divisi Operasi Transmisi Backbone PT Indosat, Syafnedi, menjelaskan kepada Tempo.co, kabel optik bawah laut tersebut menghubungkan Indonesia dengan Singapura dan Australia. Untuk ke Singapura letaknya di Pulau Mapur, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Kabel tersebut ditanam di dasar laut dengan kedalaman 30-50 meter. ”Kabel itu berguna untuk Internet, voice, dan pengiriman data,” ucapnya.

Syafnedi mengatakan, pencurian kabel bawah laut sebenarnya sudah berlangsung lama. Tapi masih berskala kecil, dengan panjang 2 kilometer. PT Indosat berkali-kali melakukan perbaikan karena mengganggu komunikasi.