Kekayaan Jack Ma, Bos Alibaba Meningkat Rp 60 Triliun Dalam Semalam

258
views
Logo Alibaba
Saham Alibaba meningkat tajam sejak IPO

Kekayaan Jack Ma bos Alibaba meningkat Rp 60 triliun hanya dalam waktu semalam ketika saham Alibaba yang pada saat IPO berharga USD 68 naik tajam sebanyak 38% menjadi USD 93,89.
Kekayaan Jack Ma yang sebelum IPO memiliki total harta mencapai USD 13 miliar atau sekitar Rp 155 triliun di Alibaba naik drastis menjadi USD 18 miliar atau sekitar Rp 215 triliun hanya dalam waktu semalam.

Alibaba merupakan perusahaan e-commerce yang dibentuk oleh Jack Ma pada 15 tahun yang lalu di apartemennya ini kini total bernilai aset USD 231 miliar atau setara Rp 2.783, triliun. Berarti taksiran ini mendekati pendapatan sebuah negara berkembang. Sebagai perbandingan, pada RAPBN tahun 2015 negara Indonesia menargetkan mencapai pendapatan sekitar Rp 1.762,3 triliun dari sektor pajak dan lain-lain.

Logo Alibaba
Saham Alibaba.com meningkat tajam sejak IPO

Naiknya harga saham Alibaba ini tidak hanya membawa berkah bagi pemiliknya. Yahoo pun yang memiliki saham di perusahaan e-commerce ini juga mendapatkan cipratan keuntungan, tetapi nilai jual saham Yahoo sendiri malah turun di perdagangan Jumat kemarin. Selain itu CEO Softbank menjadi orang terkaya di Jepang dengan mendapatkan keuntungan USD 16,6 miliar akibat naiknya saham yang IPO pada minggu lalu ini.