Layanan Telkom Flexi dan Star One Ditutup

188
views
Gambar logo Flexi

Akhirnya layanan Telkom Flexy dan Star One secara resmi telah ditutup. Dua layanan tersebut berbasis teknologi Code Division Multiple Access atau yang lebih dikenal dengan nama CDMA.

Di Indonesia kini hanya menyisakan dua operator (Smartfren dan Esia) dari sebelumnya 5 operator penyedia layanan CDMA yaitu PT Bakrie Telecom (Esia), PT Smartfren Telecom Tbk (fren), PT Smart Telecom (Smart), PT Indosat Tbk (StarOne) dan PT Telkom Tbk (Flexi).

Gambar logo Flexi

Pihak Telkom mengatakan bahwa basis bisnis CDMA sudah tidak menarik minat masyarakat, maka dari itu mereka akhirnya memutuskan untuk melebur divisi CDMA Flexi mereka dengan bisnis GSM Telkomsel. Sedangkan di pihak Indosat, operator seluler satu ini berencana untuk mengalokasikan frekuensi Star One untuk perluas jaringan yang berbasis Extended-Global System for Mobile (E-GSM).

Bagaimanakah nasib pengguna dua operator CDMA tersebut? Mengingat pengguna Telkom Flexi dan Star One tidaklah sedikit. Apakah mereka akan beralih ke operator CDMA lain ataukah beralih ke GSM?