Memilih Smartphone Untuk Anak-Anak, Iphone Atau Android?

111
views
iphone5 vs galaxy s3

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan semakin tingginya tuntutan kebutuhan akan telekomunikasi dan hiburan, pemilihan smartphone untuk anak-anak haruslah dilakukan dengan bijak.

iphone5 vs galaxy s3

Saat ini smartphone yang memiliki dominasi kuat adalah iphone dan android. Tetapi manakah yang terbagus untuk anak-anak?

Faktor pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan smartphone untuk anak-anak adalah Parental Control atau kontrol orang tua.
Dalam kontrol orang tua ini, Iphone memiliki keunggulan daripada Android. Di Iphone, orang tua dapat membatasi penggunaan aplikasi, akses internet, chatting dan juga download. Konten-konten yang tersedia pun dapat dengan mudah dibatasi dengan memberikan rating kepada konten-konten video, gambar maupun lainnya.

Pada Android, fitur kontrol orang tua ini sedikit lemah. Para orang tua dapat membatasi download aplikasi di Google Play Store dengan memberikan password ketika akan mengunduh sebuah aplikasi, tetapi pembatasan pemberian password ini tidak berlaku apabila aplikasi yang didownload termasuk aplikasi yang gratis.

Masalah Malware atau Virus.
Iphone cenderung kebal terhadap permasalahan malware ini, kecuali apabila perangkat Iphone yang digunakan telah di jailbreak. Maka masalah malware yang dapat mencuri data-data pribadi dapat menjadi sebuah ancaman serius.

Di Android, masalah Malware adalah masalah yang cukup kompleks, meskipun download aplikasi dilakukan di google play store.

Harga
Harga Iphone memang cenderung lebih mahal daripada hape Android kelas entry level. Harga Iphone yang dibanderol diatas 3 jutaan kurang diminati oleh orang tua yang lebih memilih hape Android kelas entry level dengan harga kurang dari 2 jutaan.

Terlepas dari semua fitur yang diberikan oleh masing-masing pabrikan, masalah harga adalah poin terpenting yang diperhatikan oleh orang tua. Jadi Android kelas entry level adalah pilihan bagi putra-putri tercinta dengan segala keterbatasan fitur parental kontrol nya.