Menelisik Keagungan Candi Singosari, Saksi Bisu Hadirnya Kerajaan Singosari

190
views
Candi Singosari Malang
Candi Singosari Malang

Liburan panjang banyak dimanfaatkan para wisatawan domestik untuk berlibur. Pantai, kawasan pegunungan dan mall menjadi tujuan utama yang tak pernah tak terlewatkan.
Tetapi tahukah sahabat Mampoo, bahwa selain tempat-tempat wisata umum tersebut, sahabat Mampoo bisa juga mengunjungi tempat wisata religi, salah satunya adalah berlibur dengan mengunjungi candi.

Liburan yang agak panjang bagi sebagian orang ini, Mampoo menyempatkan diri untuk berlibur ke sebuah candi yang menjadi saksi bisu Kerajaan Singosari yang terkenal dengan cerita sejarah raja Ken Arok dengan ratu Kendedes, itulah Candi Singosari.

Candi Singosari yang terletak di kecamatan Singosari Kabupaten Malang ini terletak agak sedikit masuk kedalam jika dari jalan raya Malang-Singosari.

Keberadaan Candi Singosari ini sudah lama ada, dan saat ini di bagian pintu gerbang candi, ada sebuah pos penerimaan tamu. Setiap tamu yang berkunjung ke Candi Singosari wajib mengisi buku tamu, dan jangan lupa siapkan uang untuk memberikan uang sumbangan sukarela kepada penjaga candi.

Sesampai di depan candi, sahabat Mampoo dapat masuk ke dalam ruangan utama candi. Dengan menaiki tangga setinggi kurang lebih lima meter, akan tepat berhadapan dengan pintu ruang utama Candi Singosari.
Jangan ragu untuk melangkahkan kaki untuk masuk. Ruangan tersebut memiliki ruang yang cukup besar, berbeda dengan ruangan Candi Badut yang terbuka pada bagian atasnya, di Candi Singosari, bagian atasnya tertutup rapat, sehingga cahaya yang masuk dari depan pun menjadi satu-satunya andalan sumber cahaya dan udara. Memasuki ruangan, sahabat Mampoo akan disambut dengan bekas bau dupa yang telah dibakar. Maklum saja, Candi Singosari sering digunakan sebagai ritual-ritual tertentu, dan juga harum semerbak bunga. Untuk menambah kesan semakin eksotis, payung berbentuk payung klasik tampak berdiri menghiasi ruangan tersebut.


Gambar ruang dalam Candi Singosari

Pada sekitar Candi Singosari juga terdapat beberapa ruangan yang tidak sebesar ruang utama. Di dalam ruangan-ruangan tersebut sepertinya terdapat patung, tetapi dari sekitar 8 ruangan yang ada, hanya satu ruangan yang berisi patung seorang resi.

Di sekeliling candi, taman yang asri akan dapat digunakan untuk melepas lelah, dan jangan lewatkan juga untuk melihat satu per satu batu-batu candi yang ada di sana. Jika sahabat Mampoo amati batu-batu tersebut, sahabat Mampoo akan menemui berbagai macam ukiran indah yang dibuat pada jaman kerajaan Singosari yang ada sebelum Kerajaan Majapahit berdiri.
Berbagai macam batu arca prasejarah seperti berbentuk seorang wanita cantik yang sedang berdiri, arca ganesha, arca kereta kencana dan masih banyak lagi.

berbagai arca di sekitar candi singosari

Dengan berlibur ke Candi, rasa penat dan suntuk hilang, pengetahuan sahabat Mampoo pun menjadi bertambah. Yups cintailah negerimu sendiri.

Galeri Foto Candi Singosari Malang

Tampak depan Candi Singosrai Malang
Tampak depan Candi Singosrai Malang