Mengenal Pesawat R80, Pesawat Terbaru Buatan Indonesia

372
views
Gambar Pesawat R80
Pesawat R80 buatan Indonesia ini akan terbang perdana pada bulan Agustus 2018.

BJ.Habibie memang dikenal sebagai sosok orang Indonesia dengan ide dan pengetahuan yang brilian di Indonesia. Sosok mantan Menristek di jaman Orde Baru dan juga mantan Presiden RI ke-3 ini meskipun telah berusia senja namun semangatnya untuk mengembangkan industri dan teknologi penerbangan Indonesia tidak pernah kendor.

Setelah sebelumnya sempat mengembangkan industri pesawat N250 yang canggih kini Habibie melalui PT Ragio Aviasi Industri (RAI) mengembangkan dan membuat pesawat R80 untuk penerbangan komersial.

Pesawat R80 ini merupakan generasi penerus dari pesawat N250 yang produksinya dihentikan karena krisis moneter pada tahun 1998 lalu. Kapasitas penumpang pesawat R80 ini lebih besar daripada kapasitas penumpang pesawat N250.
Jika N250 hanya mampu mengangkut penumpang sebanyak 50-60 penumpang, maka R80 sanggup mengangkut 80-90 penumpang.

Gambar Pesawat R80
Pesawat R80 buatan Indonesia ini akan terbang perdana pada bulan Agustus 2018.

Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan pesawat R80 ini diklaim Habibie lebih baik dari teknologi yang dikembangkan oleh Airbus ataupun Boeing.
R80 juga diklaim lebih ekonomis karena menggunakan baling-baling dan juga telah dikendalikan secara elekronik (fly by wire) dan irit bahan bakar karena memiliki bypass ratio sebesar 40 (Boeing dan Airbus hanya memiliki ratio sebesar 12).

Menggunakan mesin baling-baling memang opsi utama yang dikembangkan oleh Habibie, karena industri pesawat terbang Indonesia membutuhkan pesawat dengan jenis pesawat dengan rute – rute pendek yang kurang dari 600 Km untuk dapat menjangkau daerah-daerah setara tingkat dua yang tersebear di Kepulauan seluruh wilayah Indonesia.

Pesawat R80 besutan Habibie ini menurut rencana akan terbang perdana pada bulan Agustus tahun 2018 mendatang di Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.
Pemilihan bandara ini membuktikan bahwa teknologi pesawat R80 mampu membuat pesawat ini tidak memerlukan landasan dan bandara yang besar. Selain itu di Indonesia nantinya juga akan semakain banyak bandara-bandara semacam di Majalengka tersebut.

Meskipun tergolong jenis pesawat baru, namun pesawat buatan anak bangsa ini telah laris di pasaran. Tercatat telah ada 145 unit yang telah dipesan oleh 3 dari 7 maskapai.
Dua dari tiga maskapai penerbangan yang telah memesan pesawat R80 tersebut adalah Nam Air yang merupakan Grup Sriwijaya dan juga Kalstar Aviation.