Mengenal Qatar National Bank, Sponsor Utama QNB League

121
views
Logo QNB League
Logo ISL yang baru setelah berganti nama menjadi QNB League

Seperti yang pernah Mampoo informasikan sebelumnya, Indonesia Super League (ISL) musim 2015 ini telah berganti nama menjadi QNB League dikarenakan Qatar National Bank berhasil menjalin kesepakatan dengan PT Liga Indonesia untuk menjadi sponsor utama ISL 2015.

Bagaimana latar belakang QNB ini sehingga bisa menjadi sponsor utama sebuah liga sepak bola kasta tertinggi di Indonesia?

Di dunia international nama QNB sudah bukan nama yang asing. Saat ini QNB telah menjadi sponsor utama klub sepak bola Perancis, Paris Saint-Germain dan mampu menjadikan klub tersebut menjadi klub elit di wilayah Eropa. Dan juga telah menjadi sponsot untuk ajang liga AFC Cup

QNB sebenarnya telah berada di Indonesia sudah sejak lama sekali. Kehadirannya di Indonesia pada awalnya dikenal dengan nama NV Chunghwa Shangyeh yang berdiri padatahun 1913 di Medan, Sumatera Utara. Lalu perusahaan tersebut pada tahun 2011 memperkuat permodalan melalui penerbitan saham baru dan kemudian menjadikan Qatar National Bank sebagai pemegang saham pengendali dan membuat NV Chunghwa Shangyeh berubah nama menjadi PT. Bank QNB Kesawan Tbk.

Lalu di tahun 2014, kepemilikan saham Qatar National Bank meningkat menjadi 82,59 persen dan kemudian PT Bank QNB Kesawan Tbk berubah nama menjadi PT Bank QNB Indonesia Tbk. Dan kemudian di tahun 2015 QNB menjadi sponsor utama ISL 2015 dan kemudian berubah nama menjadi QNB League 2015.

Qatar National Bank menjadi sponsor utama ISL hingga tahun 2015 mendatang. General Manager QNB, Yousef Darwish berharap bahwa dengan terjunnya QNB ke dunia sepak bola Indonesia yang menjadi olahraga paling populer di Indnoesia akan mampu membawa QNB untuk lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

QNB League berhasil menggelar pertandingan pertamanya pada hari Sabtu tanggal 4 April 2015 lalu dan akan diikuti oleh 18 klub elit yang ada di Indonesia.