Mengenang Majapahit Dengan Berkunjung Ke Pendapa Agung Trowulan

255
views

Liburan kali ini adalah liburan yang dikemas dalam nuansa sejarah tempo dulu, yaitu mengunjungi sebuah situs kerajaan terbesar di tanah air, Majapahit dengan mengunjungi Pendapa Agung Majapahit di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi Pendapa Agung ini berada setelah kolam Segaran yang terkenal, karena menyimpan kisah bahwa di kolam yang berukuran raksaksa ini adalah tempat membuang piring-piring emas kepunyaan Majapahit ketika selesai menjamu para tamu kerajaan dan sebelum makam Troloyo tempat makam pemuka-pemuka agama terkenal pada jaman Majapahit di kebumikan, seperti Sunan Ngudung, Syech Jumadil Qubro dan ada juga makam putri Ratu Kencana Wungu.

headline

Pendapa Agung merupakan tempat yang dipercaya sebagai tempat berdirinya pendopo agung Majapahit yang sekarang ini diwujudkan sebagai sebuah pendopo besar, yaitu pendopo kraton Majapahit.
Di halaman bagian depan Pendapa Agung terdapat patung Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit, dan juga terdapat patung Mahapatih Gajah Mada. Dibelakang pendapa terdapat relief Patih Gajah Mada yang sedang melakukan sumpah Amukti Palapa. Dihalaman barat dan selatan pendada terdapat Batu Cancangan Gajah, semacam tiang batu yang diyakini oleh masyarakat dahulunya digunakan sebagai tempat mengikat Gajah kerajaan. Pada saat Mampoo berada disekitar tersebut, juru kunci mengatakan bahwa diyakini Batu Cancangan Gajah yang berukuran besar tersebut atau yang disebut Paku Bumi kedalaman menancapnya hingga kolam Segaran.
Selain itu dibelakang pendopo terdapat makam – makam tua, orang setempat menyebutnya sebagai “Kubur Panggung”.

Gambar Atap Pendapa Agung Trowulan
Atap Pendapa Agung Trowulan

Bagi sahabat Mampoo yang ingin belajar sejarah kebesaran Kerajaan Majapahit atau ingin merasakan atmosfir kerajaan Majapahit, tidak ada salahnya mengunjungi tempat yang sejuk ini.

Berikut foto-foto suasana Pendapa Agung Trowulan