Penjualan Toyota Sienta Merosot Tajam Hingga Turun 85%, Sienta Tak Laku di Indonesia?

156
views
toyota sienta
toyota sienta

Mobil MPV Toyota, Toyota Sienta, yang digadang-gadang akan dapat menggebrak pasar MPV tanah air sepertinya sudah mulai kehabisan bensin.

Indikasi bahwa Toyota Sienta kurang diminati oleh pasar otomotif Indonesia ini terlihat dari beberapa faktor, yaitu:

1. Jumlah pasokan ke dealer turun 85%

Jumlah pasokan ke dealer Toyota yang turun hingga angka 85 persen di bulan April 2017 lalu.

Padahal, di bulan April lalu di Jakarta digelar pameran otomotif berstandar internasional, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang seharusnya akan mampu mendongkrak angka penjualan dari seluruh pabrikan, termasuk Toyota Sienta.

Tetapi nyatanya, menurut data Gaikindo seperti yang dilansir oleh Otomotif.kompas.com (28/5/2017) angka penjualan Sienta di bulan April hanya mencapai 332 unit, jauh dari angka di bulan-bulan sebelumnya yang masih ada di angka 2.238 unit.

Target penjualan Sienta sendiri sebenarnya ada di angka 3.500 unit per bulan.
Nyatanya, target penjualan tersebut hanya dapat tercapai pada bulan Agustus dan September yang mencapai 4.000 unit, dengan kata lain target tersebut tercapai saat Toyota Sienta baru saja diluncurkan di Indonesia.

2. Toyota Sienta Diskon besar-besaran hingga Rp 40 jutaan

Indikasi berikutnya jika Toyota Sienta kurang diminati oleh pasar Indonesia adalah adanya diskon besar-besaran hingga puluhan juta rupiah yang dilakukan oleh dealer-dealer Toyota.

Bahkan diskon besar-besaran Sienta ini terus berlanjut hingga pameran akbar IIMS 2017. Di IIMS 2017 pengunjung IIMS dapat membeli Toyota Sienta dengan diskon Rp 40 juta.

Jadi apakah Toyota Sienta akan di discontinue dengan sangat cepat oleh TAM?

Tentu tidak, karena TAM masih memiliki satu jurus lagi.
Seperti yang disampaikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM di Jakarta, TAM akan mengedukasi pasar Indonesia tentang MPV dengan pintu geser.