Penyebab Jatuh Pesawat Air Asia QZ8501: Sistem Komputer Dimatikan Bersamaan

195
views
airasia
Foto Pesawat AirAsia. Sumber: AirAsia.com

Penyelidikan kasus jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 terus berlanjut.
Setelah terungkap bahwa yang menerbangkan pesawat adalah co pilot Air Asia, dan kemudian pesawat yang menanjak secara tiba-tiba hingga kehilangan daya angkat, kini juga terungkap bahwa sistem komputer yang mengatur sistem komputerisasi ekor tegak di pesawat yang jatuh di daerah Pangkalanbun tersebut telah dimatikan secara manual.

Seperti yang Mampoo kutip melalui Kompas.com, menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan bahwa kru pesawat telah mematikan sistem komputer pendukung penerbangan (FAC) secara bersamaan. Normalnya jika ada masalah di FAC, komputer hanya perlu di restart tidak sampai harus mematikan sistem komputer.

airasia
Foto Pesawat AirAsia.
Sumber: AirAsia.com

Memang dalam penyelidikan, komputer FAC yang mengontrol modul rudder travel limiter (RTL) sempat dilaporkan rusak beberapa kali, namun teknisi Air Asia telah memperbaikinya dan pesawat dinyatakan layak terbang, tetapi kemungkinan besar saat penerbangan menuju ke Singapura tersebut perangkat ini kembali rusak. Hal ini dibuktikan dengan munculnya peringatan berkali-kali di komputer FAC ini, dan kru pesawat pun telah berusaha mengatasi permasalahan ini, sampai akhirnya diketahui sistem komputer pesawat FAC ini dimatikan oleh kru secara manual dengan cara mencabut sikring komputer.

Pihak Airbus mengatakan bahwa Airbus A320 telah dilengkapi dengan sistem komputerisasi yang canggih yang akan dapat meminimalisir kesalahan pilot dalam menerbangkan pesawat, dan Airbus sendiri mengatakan bahwa kru pesawat terbang dilarang mematikan salah satu sistem komputer yang ada di pesawat Airbus A320 karena sistem komputernya yang saling berkaitan satu sama lain.