Perketat Peredaran Kartu SIM prabayar, Pelanggan Lama Wajib Daftar Ulang

76
views
Gambar Kartu Sim
Registrasi Kartu Sim Wajib Dilakukan

Pemerintah akan perketat peredaran kartu SIM Prabayar untuk mengurangi kejahatan teknologi yang memanfaatkan SMS termasuk pesan sampah (spam).

Kebijakan tersbut akan mulai dijalankan pada bulan Agustus 2014 mendatang untuk setiap pembelian kartu SIM baru, sedangkan untuk pengguna kartu SIM prabayar lama akan diwajibkan melakukan daftar ulang pada bulan Maret 2015.
Registrasi ini menurut rencana tidak akan dilakukan dengan mengirimkan SMS ke nomor 4444 seperti yang sudah dilakukan saat ini, melainkan registrasi akan dilakukan di pihak penjual, outlet dari distributor, ataupun gerai yang dimiliki operator seluler, berdasarkan KTP pelanggan. Operator seluler juga diharuskan melengkapi diri dengan distribution monitoring system sehingga informasi mengenai outlet atau gerai yang didatangi untuk registrasi pelanggan tersebut dapat diketahui semaksimal mungkin.

Gambar Kartu Sim
Registrasi Kartu Sim Wajib Dilakukan

Sanksi bagi pelanggan kartu SIM prabayar yang tidak melakukan daftar ulang inipun cukup tegas. Kartu SIM mereka akan diblokir untuk melakukan SMS ataupun melakukan panggilan keluar, tetapi masih akan dapat digunakan untuk menerima panggilan dan menerima SMS.

Banyak pihak yang menyayangkan bahwa langkah yang ditempuh oleh Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) ini merupakan langkah mundur, tetapi menurut Mampoo, jika Sahabat Mampoo pernah menjadi korban SMS spam ataupun SMS penipuan tentu akan memiliki pandangan lain.

Bagaimana menurut pendapat Sahabat Mampoo?