Pesawat Malaysia Airlines MH17 Diduga Ditembak Jatuh

122
views
Foto MH17 - Facebook Cor Pan
Foto MH17 dari akun Facebook Cor Pan, salah seorang penumpang MH17

Mohon maaf sahabat Mampoo semuanya, berita ini memang tidak ada hubungannya dengan teknologi, gadget ataupun lifestyle, tetapi ini adalah berita tentang aksiden kemanusiaan.

Seperti yang telah ramai dibicarakan di media-media sosial, seperti Twitter yang telah ramai dengan hashtag #MH17 dan #PrayForMH17, serta di banyak situs berita populer lainnya kita ketahui bahwa pesawat Malaysia Airlines MH17 telah mengalami kecelakaan di wilayah udara Ukraina, Rusia. Parahnya menurut dugaan, pesawat yang mengangkut 280 penumpang dan 15 kru pesawat ini dikabarkan telah ditembak jatuh.

Foto MH17 - Facebook Cor Pan
Foto MH17 dari akun Facebook Cor Pan, salah seorang penumpang MH17

Sebelumnya otoritas penerbangan internasional mengatakan bahwa wilayah udara yang dilintasi oleh pesawat Malaysia Airlines MH17 tersebut dalam kondisi bersih/aman dari gangguan. Pesawat Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH-17 ini terbang dari Amsterdam pada pukul 00:15 menuju Kuala Lumpur dan dijadwalkan mendarat di jam 06:10

Pihak keamanan Ukraina mengaku telah berhasil mengungkapkan siapa pelaku di balik aksi penembakan roket terhadap Boeing 777 Malaysia Airlines. Berdasarkan data yang dirilis pihak Ukraina, beberapa orang yang terlibat dalam percakapan telepon itu diidentifikasi sebagai pemberontak pro Rusia, seorang pejabat Rusia, dan seorang pejabat di GRU atau dinas intelijen Rusia.

Berikut isi percakapan seperti yang dilansir di Merdeka.com

Igor Bezler (IB): Kami baru saja menembak jatuh sebuah pesawat. Grup Minera. Pesawat jatuh di wilayah Yenakievo (Ukraina).

Vasili Geranin: Pilot, bagaimana dengan pilotnya?

IB: Hilang dan sedang dicari. Kondisi berasap.

VG: Berapa lama (penembakan pesawat).

IB: Sekitar 30 menit lalu.

Percakapan itu kemudian terhenti. Karena pemberontak pro Rusia itu mengecek lokasi jatuhnya pesawat dan mengetahui telah menembak sebuah pesawat sipil. Percakapan lanjutan ini terjadi 40 menit setelah percakapan pertama.

‘Major’: Ini adalah pasukan Chernukhin yang menembak pesawat dari Chernukhin check point. Mereka adalah pasukan (Cossaks) yang berada di Chernukhino.

‘Greek’: Yes, Major.

‘Major’: Pesawat hancur di udara di area pertambangan Petropavlovskaya. Kami menemukan 200 (kode untuk korban tewas). Sipil.

‘Greek’: Baiklah, (informasi) apa yang kamu miliki di sana?

‘Major’: Itu adalah 100 persen pesawat penumpang sipil

‘Greek’: Apakah ada banyak orang di sana?

‘Major’: Ya Tuhan! reruntuhan pesawat jatuh ke halaman rumah!

‘Greek’: Apa jenis pesawatnya?

‘Major’: Saya belum bisa memastikan, saya belum mendatangi lokasi. Saya hanya meninjau lokasi tempat bagian pesawat pertama kali jatuh. Ada sisa-sisa bagian pesawat, kursi, dan mayat.

‘Greek’: Apakah ada sisa senjata di sana?

‘Major’: Tidak ada, semuanya benda-benda milik penumpang seperti obat-obatan, handuk, tisu toilet.

‘Greek’: Apakah ada dokumen?

‘Major’: Ya, milik satu pelajar Indonesia dari universitas di Thompson.

Menilik dari percakapan diatas, sangat disayangkan bahwa penembak jatuh pesawat nahas ini tidak mengetahui sebelumnya bahwa target yang ia tembak adalah sebuah pesawat sipil yang menerbangkan ratusan penumpangnya.

Semua penumpang dan kru pesawat dipastikan tewas, 12 WNI yang ikut dalam penerbangan ini juga dipastikan meninggal dunia ditempat.

Berikut nama-nama WNI korban pesawat Malaysia Airlines MH17 seperti yang dilansir oleh TribunNews

1. Hadiono Gunawan
2. Yodricunda Theistiasih
3. Ketut Wiartini
4. Yuli Hastini
5. Vickline Kurniati Kardia
6. Supartini
7. Hendry
8. Gerda Leliana Lahendra
9. Wether Smallenburg
10. Jane M Adi Soetjipto
11. Wayan Sujana
12. Clarice Yelena Huizen (bayi)

Mampoo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya semua korban tragedi penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17, semoga kejadian ini tidak akan terulang kembali. Saat ini otoritas penerbangan internasional telah memutuskan bahwa langit Rusia dan Ukraina tertutup untuk penerbangan internasional.