Rahasia Dibalik Nama Youtube Diungkapkan Pendirinya

133
views
logo youtube
logo youtube

Tak banyak yang tahu rahasia besar Youtube dibalik penciptaan nama dan moto Youtube saat awal berdiri dulu.

Dihadapan para pengunjung acara South by Southwest atau biasa yang disebut dengan SXSW yang digelar di kota Austin, Texas, salah satu pendiri Youtube, Steve Chen, membuka rahasia dibalik nama Youtube.

Steve Chen mengungkapkan bahwa, dirinya bersama dua pendiri Youtube yang lain awalnya ingin membuat Youtube sebagai situs pencari jodoh berbasis video dengan konsep sebagai wadah bagi para jomblo untuk mengunggah video perkenalan dirinya dan kemudian melalui video tersebut para jomblo tersebut dapat menyampaikan model pasangan yang diinginkan.
Pernyataan Steve Chen ini memperjelas arti moto awal Youtube yang berbunyi “Broadcast Yourself” dan kata You di awal kata Youtube.

Namun malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, hingga hari kelima sejak Youtube diluncurkan, tak satu orangpun yang mengunggah video para jomblo ke Youtube.
Lalu akhirnya ketiga pendiri Youtube inipun memutuskan untuk melupakan membuat situs perjodohan berbasis video, dan mempersilahkan para pengunjung Youtube untuk mengunggah video apapun ke Youtube.
“OK, lupakan aspek kencannya. Mari membukanya untuk video apa saja,” ujar Chen menirukan hasil rundingan mereka pada saat itu.

Keputusan itu akhirnya memang berbuah sangat manis. Youtube akhirnya berkembang sangat luar biasa cepat dan tumbuh dengan sangat cepat, sehingga kemudian di tahun 2016 menarik minat Google untuk mengakuisisi Youtube dengan nilai $1,6 miliar.
Di tangan Google, domain Youtube yang didaftarkan berbarengan dengan tanggal hari valentine 14 Februari 2015 ini berkembang semakin cepat, dan saat ini Youtube dikunjungi rata-rata 1 milyar orang per-bulannya.