Robot Anjing Zoomer Pengganti AIBO ?

395
views
Gambar Zoomer

Sejak robot anjing AIBO produksi Sony ditarik dari peredaran, hingga hampir akhir tahun 2013 belum ada mainan robot canggih yang mampu menggantikan posisinya.

Gambar Zoomer

Namun ketika Mampoo melihat dari Mashable bahwa ada robot anjing bernama Zoomer yang memiliki bentuk fisik yang hampir sama, terbesit keinginan untuk mengetahui lebih dalam mengenai mainan yang konon hanya dibanderol sebesar $99, bayangkan dengan AIBO yang pada waktu itu (2003) berharha $2000.

Robot anjing Zoomer ini memiliki dimensi panjang 10 inchi dan tinggi 6 inchi, lengkap dengan ekornya yang mungil mirip dengan seekor anakan anjing.
Badannya yang berwarna putih dengan bintik hitam mengingatkan Mampoo pada sosok seekor anjing dalmation yang lucu. Pada matanya terdapat lampu LED, baterai internal yang dapat dicharge dengan menggunakan konektor USB.

Zoomer mampu menangkap perintah suara dalam tiga bahasa yang berbeda, yaitu Inggris, Perancis dan Spanyol. Perintah-perintah suara yang dikeluarkan seperti “follow me”, “sit” , “play” harus diikuti dengan penyebutan nama robot. Jadi jika diucapkan akan seperti fitur Google Now yang harus mengucapkan “OK Google” menjadi “Zoomer follow me” atau “Zoomer sit”.

Secara keseluruhan Zoomer tidak dapat disandingkan dengan AIBO. AIBO seakan-akan adalah seperti anjing sesungguhnya. AIBO juga dapat menterjemahkan perintah suara, bahkan berinteraksi dengan pemiliknya. Jika baterai AIBO habis, asalkan dengan penerangan yang cukup terang, AIBO akan dapat berjalan sendiri untuk charge baterainya, ini tentu saja berbeda dengan Zoomer yang membutuhkan bantuan pemiliknya untuk melakukan charge baterai.

Namun setidaknya kehadiran Zoomer akan dapat mengisi kekosongan mainan canggih layaknya AIBO. Anak-anak pun tentu saja akan sangat menyukainya.

Inilah Demo video robot AIBO yang sedang melakukan charge baterai sendiri