Rooting Smartphone Android dan iOS, Untung Atau Rugi?

321
views

Rooting smartfren Android dan iOS memang terkadang menguntungkan, namun ada pula kerugiannya. Keuntungan dari rooting smartphone adalah smartphone sahabat Mampoo dapat menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan akses lebih. Sebut saja aplikasi screen capture yang digunakan untuk merekam aktivitas layar smartphone.

gambar Rooting smartphone android

Namun ternyata selain keuntungan tersebut, rooting smartphone memiliki kerugian juga. Rooting smartphone secara teori adalah memberikan kesempatan sebuah aplikasi untuk dapat mengakses smartphone secara lebih, sistem keamanan yang terpasang secara standar pun akan memperbolehkan sebuah aplikasi untuk dapat mengakses hardware ataupun sistem operasi yang seharusnya tidak boleh diakses oleh sebuah aplikasi.

Berikut daftar kerugiaan rooting smartphone Android ataupun iPhone:

1. Garansi Hape Hilang
Karena rooting memberikan hak akses kepada sebuah aplikasi untuk mengakses sistem operasi ataupun hardware secara lebih, menyebabkan pihak vendor tidak mau bertanggung jawab, karena vendor telah memberikan batasan-batasan sebuah aplikasi untuk mengakses sistem operasi maupun hardware mereka.

Namun masalah garansi hilang ini dapat diatasi dengan melakukan unroot kembali.

2. Sistem Operasi Tidak Stabil
Karena sistem operasi yang telah tidak orisinil dan tidak aman karena penggunaan sebuah aplikasi yang membutuhkan root sistem, maka tentu saja hal ini akan menyebabkan sistem operasi smartphone sahabat mampoo semua menjadi tidak stabil.
Potensi yang diakibatkan terburuk adalah smartphone tersebut akan rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

3. Rentan Terinfeksi Virus
Kembali karena sistem operasi yang telah terbuka, dan memberikan akses lebih kepada sebuah aplikasi, hal ini tentu saja juga akan membuka keamanan dari sistem opearsi itu sendiri. Virus, malware dan sejenisnya tentu dapat dengan mudah menerobos kedalam sistem operasi.

4. Performa Smartphone Menurun
Sistem operasi yang sudah tidak aman, secara tidak langsung akan mengakibatkan performa smartphone menjadi turun karena virus dan sistem operasi yang tidak stabil.

Setelah mengetahui kerugian dari rooting smartphone, apakah sahabat Mampoo masihkah akan melakukan rooting smartphone kalian?