Situs Wikipedia Sekarat, Butuh Dana Rp 1,4 Triliun agar Terus Online

114
views
wikipedia

Semua orang yang pernah berkecimpung di dunia online pastilah mengenal situs Wikipedia, sebuah situs yang bisa dikatakan memiliki semua informasi yang dibutuhkan oleh orang dan selalu menjadi rujukan yang pertama.

Tidak percaya?
Coba saja ketik “Sejarah lampu” atau “thomas alva edison” pastilah hasil pencarian Google di tiga urutan teratas akan tampil situs Wikipedia.

Tetapi sayangnya, situs Wikipedia yang merupakan situs ensiklopedia terbesar yang menyediakan informasi banyak hal saat ini bisa dikatakan sedang sekarat karena kurang pendanaan. Jika sahabat Mampoo belum tahu, Wikipedia merupakan situs yang memiliki 35 juta artikel dalam berbagai macam bahasa yang tidak beriklan, dan untuk sumber dananya benar-benar mengandalkan donasi dari para donatur.

Wikimedia adalah organisasi yang menaungikeberadaan Wikipedia ini dan saat ini sebagai penanggung jawab Wikipedia, Wikimedia telah mengeluarkan kampanye penggalangan dana yang bertepatan dengan ulang tahun Wikipedia ke-15 di tahun 2016 ini.

Wikimedia menargetkan kampanye penggalangan dana ini untuk dapat mendapatkan dana sebesar 100 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp 1,4 trilliun.
Dana sebesar itu akan dapat digunakan oleh Wikimedia untuk menghidupi Wikipedia selama 10 tahun kedepan.

Dana sebesar itu selain untuk dapat menjaga Wikipedia online sampai 10 tahun kedepan juga akan digunakan untuk mengembangkan Wikipedia versi mobile dan akan menambah konten baru berupa konten video.

Jika Sahabat mampoo tertarik untuk menjadi salah satu donatur Wikipedia dapat mengunjungi situs berikut