Sony Kembangkan Kaset Tape Dengan Kapasitas 185 Terabyte

134
views
gambar kaset tape

Masih ingat dengan model kaset tape seperti yang ada dalam ilustrasi yang Mampoo berikan ini? Namun bukan model seperti itu yang dikembangkan oleh Sony. Sony mengembangkan kaset tape yang memiliki teknologi lebih canggih dan tinggi, yang akan mampu menyimpan data higga 185 terabyte atau yang setaara dengan kapasitas 3700 disc Blu-ray.

gambar kaset tape

Kaset tape yang dikembangkan Sony dan IBM ini menurut rencaana akan diperkenalkan di ajang INTERMAG Europe 2014 international magnetics conference di Dresden, Jerman. Teknologi ini akan sangat berguna untuk Facebook dan Google yang saat ini tercatat sebagai penyimpan data terbesar di dunia, maupun bagi perkembangan dunia cloud storage yang saat ini sedang berkembang dengan pesat.

Pada tahun 2020 nanti diperkirakan perkembangan penyimpanan data akan mencapai angka 43 trilyun terabytes, yang artinya setiap orang kemungkinan rata-rata akan memiliki data sebesar 5200 gigabytes.

Teknologi kaset tape yang dikembangkan oleh Sony ini tidak berpengaruh banyak terhadap konsumen masyarakat luas pada umumnya, karena kaset tape ini diperuntukkan untuk indusri hard disk. Bagi konsumen, yang terpenting adalah peningkatan kecepatan akses data pada laptop, tablet ataupun smartphone mereka