Starone Jadi GSM, Bagaimana Nasib Pelanggan Lama Starone?

238
views
Gambar Logo Starone
Logo Starone

Indosat secara resmi telah mengajukan kepada Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk memindahkan layanan Starone berbasis teknologi CDMA ke layanan Starone berbasis teknologi GSM.

Meskipun jumlah pelanggan setia Starone tidak banyak, yaitu sekitar 120.000 pelanggan di semester pertama 2012, namun kekhawatiran mereka akan hangusnya nomer lama karena layanan Starone CDMA berhenti beroperasi dan berpindah ke Starone GSM cukup beralasan. Apalagi jika nomer Starone pelanggan lama tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis, tentu akan sangat merugikan.

Gambar Logo Starone

Namun Indosat rupanya paham kegalauan tersebut, dan tentu saja Indosat tidak mau kehilangan begitu saja pelanggan Starone mereka. Melalui Presiden Direktur dan CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan, Indosat telah menyiapkan sejumlah cara agar pelanggan tetap nyaman memakai StarOne, salah satunya adalah mengadakan teknologi yang bisa mempertahankan nomor fixed wireless access (FWA) namun menyediakan layanan berbasis seluler.
Selain itu Presiden Direktur dan CEO Indosat menjanjikan bakal menyediakan dan memberi subsidi atas ponsel yang mendukung teknologi GSM kepada pelanggan jika pemerintah mengabulkan permohonan Indosat untuk mengganti teknologi StarOne dari CDMA ke E-GSM.

Saat ini StarOne memanfaatkan spektrum frekuensi 850 MHz dengan lebar 5 MHz. Jika permintaan dikabulkan, Indosat akan memanfaatkan frekuensi 900 MHz miliknya untuk menggelar layanan StarOne.

Indosat memiliki lebar 10 MHz di frekuensi 900 MHz yang telah digunakan untuk koneksi 2G dan 3G.