Teknologi Baterai Lithium Produksi Indonesia Digunakan Untuk Mobil Listrik

192
views
gambar ilustrasi baterai lithium mobil

Adalah PT. Nipress perusahaan yang berlokasi Bogor ini tengah dibangga-banggakan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, pasalnya di pabrik inilah baterai lithium produksi Indonesia yang akan digunakan untuk mengatasi masalah baterai mobil listrik Indonesia dibuat.

gambar ilustrasi baterai lithium mobil

Dasep Ahmadi salah satu penggagas mobil listrik yang saat ini tengah menyelesaikan mobil listrik dengan model mirip Alphard mengatakan bahwa “Kita sedang uji coba baterai itu, semoga langsung bisa,” kata Dasep di Jakarta, Senin (19/8) malam seperti yang dikutip dari Merdeka.com.

Dahlan Iskan mengatakan bahwa mobil listrik harus menggunakan baterai lithium karena beberapa kelebihan baterai lithium seperti proses charging yang relatif cepat, ringan dan ukuran serta daya simpan listriknya yang 30% lebih tahan lama dari baterai biasa.

Pada saat di PT. Nipress menteri BUMN Dahlan Iskan juga diperlihatkan mengenai beberapa sistem modul baterai lithium buatan dalam negeri tersebut seperti modul untuk bus listrik, ada modul untuk mobil listrik jenis MPV, ada modul untuk city car, dan ada modul untuk mobil sport.

Semoga dengan baterai lithium buatan dalam negeri ini, industri otomotif mobil listrik di Indonesia akan dapat bersaing dengan industri otomotif negara lain yang juga sedang dalam masa pengujian.