Ups, Smartphone Terkena Air? Segeralah Lakukan 4 Langkah Sederhana Ini

181
views
smartphone terkena air
tip dan trik mengatasi smartphone terkena air

Tak sengaja hape atau smartphone sahabat Mampoo terkena air atau yang lebih parah bahkan tercelup air atau basah karena kehujanan?

Wuih, pasti dunia seakan kiamat tuh, smartphone kesayangan sudah ada di depan mata bakalan rusak dan minta diganti baru, kalau punya uang sih ga masalah, tapi kalau ga punya uang tentu akan jadi masalah besar. Belum lagi data-data yang tersimpan di smartphone yang terkena air tadi.

Nah jika kejadian tersebut dialaami oleh sahabat mampoo, maka yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Kalau panik pasti sahabat mampoo bakalan ga bisa mikir, jadi tetap tenang dan segeralah lakukan langkah-langkah berikut, dan percayalah, mampoo juga pernah mengalami hal seperti ini:

smartphone terkena air
tip dan trik mengatasi smartphone terkena air

1. Matikan hape atau smartphone yang terkena air
Langkah pertama dan terpenting adalah segeralah matikan smartphone yang terkena air. Tentu pakai cara cepat saja, jangan pakai tombol power, karena pasti matinya masih menunggu proses dan ini tentu akan dapat membuat smartphone semakin rusak.
Segeralah buka penutup belakang smartphone dan copot baterainya secepat mungkin.
Kalau kebetulan smartphone sahabat mampoo tidak memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, ya terpaksa harus dilakukan melalui tombol power.

2. Lepas semua atribut yang menempel di smartphone
Langkah kedua adalah lepas semua atribut yang menempel di smartphone seperti softcase, memori card dan lain-lain.
Hal ini perlu dilakukan agar air yang di dalam smartphone dapat segera keluar.

3. Tiup sekencang mungkin lubang-lubang yang ada di smartphone.
Tiuplah sekencang mungkin lubang-lubang yang ada di smartphone, seperti lubang charge, lubang headset, mic, bahkan lubang-lubang yang ada di balik baterai.
Hal ini dilakukan agar air cepat keluar, dan jangan lupa segeralah lap dengan kain berdaya serap tinggi supaya air tidak masuk lagi ke dalam smartphone.

4. Biarkan benar-benar kering.
Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan smartphone yang baru dikeringkan dengan cara ditiup dan dilap, karena hal ini akan sangat beresiko.
Biarkanlah smartphone sahabat Mampoo benar-benar kering dan hitung-hitung mengistirahatkan smartphone selama beberapa hari.
Untuk mempercepat proses pengeringan , sahabat mampoo dapat memasukkan smartphone ke dalam wadah berisi beras supaya mendapatkan hasil pengeringan yang benar-benar maksimal.

Langkah di atas tersebut pernah Mampoo praktekkan, dan berhasil. Jadi apabila ada sahabat Mampoo yang mengalami masalah yang sama, semoga saja cara di atas tersebut bisa membantu mengurangi kepanikan dan selalu berdoalah supaya smartphone sahabat mampoo bisa hidup normal kembali.
Jika tidak, maka sahabat Mampoo harus sediakan dana lebih untuk membeli sebuah smartphone baru.