Wisata Candi Badut di Malang

281
views
Gambar Candi Badut
Bentuk Candi Badut

Wisata tidaklah harus dilakukan ke tempat-tempat yang modern dan berharga tiket masuk mahal. Sebagai alternatif wisata keluarga modern yang selalu dipadati oleh pengunjung, sahabat Mampoo dapat melakukan wisata sejarah. Salah satunya adalah wisata candi.
Kali ini Mampoo melakukan sebuah perjalanan wisata sejarah ke Candi Badut di daerah Tidar, Kota Malang. Candi yang diperkirakan telah berumur sekitar 1400 tahun ini merupakan salah satu candi tua di Malang, berdiri sejak era kerajaan Kanjuruhan yang telah ada sebelum masa kerajaan Majapahit bahkan kerajaan Singasari sekalipun.

Gambar Bagian Depan Candi Badut

Letak Candi Badut ini memang agak tersembunyi, letaknya sedikit masuk jalan kecil yang hanya bisa dilalui oleh satu mobil, namun jangan khawatir masalah parkir mobil, karena di dalamnya terdapat lapangan yang dapat menampung puluhan mobil.

Candi yang dibangun oleh Raja Gajayana ini memiliki bentuk persegi empat dengan lebar sisi kurang lebih sama, sekilas bentuknya seperti bangunan kubus yang berukir indah. Menurut pendapat para ahli bentuk bangunan Candi Badut merupakan peralihan gaya bangunan Klasik dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Gambar Candi Badut

Pada bagian dalam bagian candi, terdapat ruangan yang didalamnya terdapat lingga dan yoni yang merupakan simbol Siwa dan Parwati, serta terdapat beberapa relung, yang semestinya terdapat beberapa hiasan patung disana.

gambar ruang dalam candi badut
ruang dalam candi badut
gambar lingga dan yoni candi badut
lingga dan yoni yang terdapat di bagian dalam candi badut

Di bagian luarnya terdapat beberapa relief ukiran serta relung yang semestinya berisi arca Durga Mahisasuramardini, relung timur untuk arca Ganesha, dan di sisi selatan terdapat relung untuk arca Agastya yakni Siwa sebagai Mahaguru.

Gambar Relung pada sisi pintu Candi Badut
Relung pada sisi pintu Candi Badut
Relung pada sisi Candi Badut
Relung pada salah satu sisi Candi Badut
gambar Arca Durga Mahisasuramardini candi Badut
Arca Durga Mahisasuramardini

Untuk menambah kenyamanan pengunjung ketika bertamasya di Candi Badut ini, pihak pengelola telah membangun taman disekeliling candi. Menjadikan tempat di sekitar candi ini menjadi tempat yang nyaman untuk melepaskan penat karena udara sejuk pegunungan kota Malang.

gambar kolam candi badut

Sayangnya kolam yang ada di dekat candi ini tidak terisi dengan air. Jika seandainya kolam ini berfungsi, maka alangkah sempurnanya keindahan dan kenyamanan lingkungan sekitar candi yang ditemukan oleh Maureen Brecher, seorang kontrolir bangsa Belanda yang bekerja di Malang.