Yahoo Adopsi Sistem Microsoft Yang Telah Ditinggalkan

40
views
Gambar logo Yahoo!

CEO cantik Yahoo, Marissa Mayer dikabarkan telah megadopsi sistem manajemen Microsoft yang telah ditinggalkan.

Gambar logo Yahoo!

Sistem manajemen kerja yang ditinggalkan oleh Microsoft tersebut adalah sistem kerja rangking kurva. Dulu apabila karyawan Microsoft selalu bekerja dibawah rangking yang telah ditetapkan, maka Microsoft tidak akan segan untuk segera memecat karyawan tersebut. Namun beberapa waktu lalu pimpinan HRD Microsoft, Lisa Brummel mengirimkan email kepada seluruh karyawan bahwa sistem tersebut telah ditinggalkan, dan kini karyawan Microsoft diminta untuk lebih fokus pada kolaborasi dan kerjasama tim daripada hanya memikirkan nilai kerja individu mereka sendiri.

Namun kemudian hal ini menjadi berbeda bagi karyawan Yahoo. CEO Yahoo, Marissa Mayer menginstruksikan untuk mulai menggunakan sistem kerja rangking yang telah ditinggalkan oleh Microsoft tersebut. Dan hasilnya, sebanyak 600 karyawan Yahoo telah dipecat dari pekerjaan mereka akibat penggunaan sistem kerja rangking tersebut.

Dalam pandangan Mampoo, masing-masing sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Sistem kerja dengan penilain stack atau tanpa rangking seperti yang diterapkan oleh Microsoft memang akan dapat memacu kreativitas serta kerjasama tim, tanpa takut harus memikirkan penilaian kerja yang akan diberikan. Namun efek buruknya tentu saja jika tim tersebut telah “mentok” pada suatu titik jenuh, maka harus segera ada pemicu untuk menggerakkan tim tersebut.

Sedangkan sistem kerja yang diadopsi oleh Yahoo sekarang memang telah kebanyakan dilakukan di banyak perusahaan. Keuntungannya tentu saja karyawan akan saling berusaha menonjolkan nilai baik individu mereka, namun efek buruknya adalah kerjasama tim akan timpang, karyawan akan banyak yang saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya.

Bagaimana seharusnya sistem kerja yang bagus diterapkan dalam sebuah perusahaan menurut sahabat Mampoo? Apakah milik Microsoft saat ini yang terbaik, atau justru milik Yahoo yang telah ditinggalkan oleh Microsoft yang terbaik?
Silahkan di share dengan sahabat-sahabat yang lain.