Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tablet Idaman

144
views
Foto Tablet Google Nexus 9
Tablet Google Nexus 9 memakai sistem operasi android 5.0 atau yang dikenal dengan nama Android Lollipop. Sumber: ZDNet

Ditengah semaraknya dunia gadget termasuk smartphone dan gadget ada baiknya sahabat Mampoo mengetahui hal-hal yang perlu diketahui sebelum membeli sebuah tablet idaman.

Ada empat hal yang wajib dipertimbangkan sebelum sahabat Mampoo memutuskan membeli sebuah tablet yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup Sahabat Mampoo.

Foto Tablet Google Nexus 9
Tablet Google Nexus 9 memakai sistem operasi android 5.0 atau yang dikenal dengan nama Android Lollipop.
Sumber: ZDNet

Yuuk, kita mulai dari:

Kemudahan Mobilitas

Bobot dan ukuran layar ini perlu dipertimbangkan karena gadget yang memiliki fungsi mobilitas tinggi tentu akan lebih banyak dibawa penggunaannya daripada diletakkan di atas meja.

Dengan munculnya beragam ukuran layar tablet, memang hal inilah yang pertama kali menjadi pertimbangan bagi pembeli gadget ini.
Jika ingin praktis, mudah dibawa dan tidak ribet dalam menyimpannya, tentulah ukuran tablet dengan layar kecil menjadi pertimbangan utama. Namun jika hal-hal tersebut tidak dirasa mengganggu, dan sahabat Mampoo ingin mendapatkan kelegaan dalam menikmati hiburan dan membaca artikel, ukuran tablet yang berukuran besar tentulah dapat dijadikan alasan utama untuk membeli tablet berukuran besar.

gambar ipad 4 12 inchi
ipad 4 12 inchi.
Sumber: MacRumors

Selain ukuran layar, bobot dari tablet itu sendiri perlu juga diperhatikan. Tablet berukuran besar akan memiliki bobot yang lebih berat, sedangkan tablet berukuran kecil akan memiliki bobot yang lebih ringan. Dan yang perlu diperhitungkan, bobot ini akan berpengaruh dalam kenyamanan penggunaan tablet nantinya, karena semakin berat tablet tentu tangan sahabat Mampoo akan lebih mudah cepat lelah.

Performa dan Kecepatan Sebuah Tablet

Setelah faktor kenyamanan seperti berat dan ukuran tablet, yang perlu dipertimbangkan, faktor performa dan kecepatan memproses data sebuah tablet adalah pertimbangan yang berikutnya.

Untuk memilih performa dan kecepatan memproses data, sahabat Mampoo dapat melihatnya dari spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh pabrikan.

Gambar Spesifikasi Lenovo S920

Semakin besar ukuran atau nilai RAM dan prosesor suatu tablet tentu menjanjikan performa yang semakin baik pula.

Daya Tahan Baterai Tablet

Daya tahan baterai suatu tablet secara kasat mata seharusnya sudah dapat dilihat dari besaran kapasitas baterai (mAh) yang tertera di spesifikasi ataupun di bagian body baterai. Semakin besar angka mAh, maka bisa dipastikan daya tahan baterai akan semakin lama juga.

Tetapi pada kenyataannya yang harus sahabat Mampoo ketahui adalah besaran mAh yang tertera itu tidak selamanya menjamin bahwa tablet sahabat Mampoo akan terbebas dari charger selama satu hari penuh.
Pemakaian baterai tentu juga sangat dipengaruhi oleh pemakaian dan cara pakai tablet tersebut.

Gambar baterai Lenovo S920

Pemakaian untuk hanya sekedar browsing tentu berbeda dengan pemakain pada saat digunakan bermain game ataupun digunakan hanya untuk membalas pesan singkat ataupun email.

Fitur Tablet

Faktor yang terakhir adalah fitur yang ditawarkan oleh tablet idaman. Fitur-fitur standar pada dasarnya hampir dimiliki oleh semua merk tablet.
Fiturfitur standar yang dimaksud Mampoo adalah konektivitas termasuk WiFi, Bluetooth, jaringan seluler dan kabel data, serta fitur tersedianya slot memori eksternal atau tidak.

Gambar Smartfren Andromax-I

Jika sahabat Mampoo merupakan orang yang boros akan ketersediaan memori untuk menyimpan data, foto maupun video, maka sangat disarankan untuk memilih membeli tablet yang memiliki slot memori eksternal untuk menambah kapasitas media simpan selain di tablet.