50 Juta Data Pengguna Facebook Rawan Dicuri, Ini Saran Dari Facebook

16
views
Data Pengguna Facebook
Data Pengguna Facebook

Facebook memberikan peringatan keras kepada para penggunanya, hal ini karena Facebook menemukan jika ada sekitar 50 juta data pengguna Facebook yang rawan dicuri oleh pihak lain.

Pada tanggal 25 September 2018 lalu, Facebook mengumumkan jika mereka menemukan pada 50 juta akun pengguna Facebook yang terindikasi datanya dicuri dan dimanfaatkan oleh pihak lain.

Sebagai langkah pengamanan, seperti yang dilansir oleh Thenextweb.com (28/9/2018), CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah membuat sebuah pernyataan yang menunjukkan perusahaan telah menambal kerentanan yang dieksploitasi oleh penyerang dan sedang menyelidiki insiden itu lebih lanjut.

Kejadian ini tentu saja datang di waktu yang tidak tepat, karena sebelumnya Mark Zuckerberg juga telah dipanggil oleh pemerintah Amerika Serikat karena kasus bocornya data pengguna Facebook ke pihak lain dan pemilik Facebook tersebut juga telah berjanji untuk lebih berhati-hati dalam menangani dan menjaga kerahasiaan data pengguna Facebook.

Detil Serangan ke Facebook

Guy Rosen, Facebook’s VP of Product Management secara gamblang juga menggambarkan bagaimana serangan tersebut dilakukan kepada Facebook untuk dapat mencuri data pengguna Facebook.

“Investigasi kami masih dalam tahap awal. Tetapi jelas bahwa penyerang mengeksploitasi kerentanan dalam kode Facebook yang berdampak pada “View As”, sebuah fitur yang memungkinkan orang melihat seperti apa profil mereka sendiri terlihat oleh orang lain.

Ini memungkinkan mereka mencuri token akses Facebook yang kemudian dapat digunakan untuk mengambil alih akun orang-orang. Token akses setara dengan kunci digital yang membuat orang tetap masuk ke Facebook sehingga mereka tidak perlu memasukkan kembali kata sandinya setiap kali mereka menggunakan aplikasi.

Jaringan sosial mencatat setidaknya 90 juta pengguna dari akun mereka pagi ini sebagai tindakan pencegahan keamanan, prosedur standar untuk pelanggaran data. Ini juga mereset token akses akun dan mematikan fitur “View As” yang disebutkan di atas untuk sementara.

Ganti Password Facebook

Sebagai langkah awal untuk mengamankan akun Facebook, Guy Rosen menyarankan kepada para pengguna Facebook agar mengganti password pengguna Facebook secepat mungkin dan melakukan pemeriksaan kembali di pengaturan keamanan akun Facebook.

Berita Terkait
  • Benarkah Facebook Ditutup Pemerintah Indonesia?
  • Begini Cara Buat Status Facebook Dengan Gambar Latar
  • Facebook Group Voice Call, Bisa Ngobrol Di Facebook Barengan
  • Cara Upload Video HD Di Facebook Dari Hp Android
  • Cara Menonton Video Facebook Dengan Lancar Di Komputer