Aturan Kominfo Terbaru: 1 NIK Bisa Daftar Banyak Nomor Dan Nomor Tidak Hangus

39
views
pendaftaran kartu sim
pendaftaran kartu sim

Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya memutuskan mengenai peraturan baru mengenai registrasi nomor Kartu SIM menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Satu NIK Bisa Daftar Banyak Nomor

Dalam Surat Edaran Menteri Kominfo Nomor 01 Tahun 2018, Kominfo memutuskan bahwa satu NIK dapat digunakan untuk mendaftar lebih dari tiga nomor hp dan bisa digunakan untuk mendaftarkan nomor hingga jumlahnya tak terbatas.

Keputusan ini tentu saja bertolak belakang dengan kebijakan Kominfo sebelumnya, yang mengharuskan satu NIK hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan tiga nomor hp saja.

Selain itu, seperti yang dilansir oleh Kompas.com (8/5/2018), Kominfo juga memutuskan untuk memberikan hak kepada outlet untuk menjadi mitra pelaksana registrasi termasuk nomor pelanggan ke-4 dan seterusnya sesuai dengan undang-undang.

Nomor hp yang belum diregistrasi tidak hangus

Selain meluruskan kebijakan mengenai pendaftaran nomor HP menggunakan NIK, Kominfo juga meluruskan peraturan mengenai nomor hp yang belum diregistrasikan.

Peraturan sebelumnya menyebutkan jika nomor hp yang belum didaftarkan hingga 30 April 2018 kemarin akan dihanguskan dan tidak dapat digunakan lagi.

Tetapi dalam surat keputusan yang baru, Kominfo memberikan kelonggaran kepada pemilik nomor hp yang belum diregistrasikan hingga akhir bulan April 2018 lalu dengan memberikan kebijakan bahwa nomor yang belum diregistrasikan tidak hangus dan masih dapat digunakan lagi.

Tetapi syaratnya, pemilik nomor hp yang nomornya belum diregistrasikan tersebut harus tetap mendaftarkan ke gerai operator seluler yang bersangkutan bukan melalui mekanisme daftar ulang, melainkan melalui mekanisme pendaftaran nomor baru.

Berita Terkait
  • Sempat Diblokir, Kominfo Akhirnya Batalkan Blokir Tumblr
  • Hebohnya Ketika Tumblr Diblokir Kominfo
  • Rudiantara Ditunjuk Jokowi Menjadi Menkominfo
  • Inilah Menkominfo Pengganti Tifatul Sembiring
  • Inilah Jawaban Internet Indonesia Cepat Buat Apa