Musim hujan telah tiba, dan layaknya musim hujan genangan airpun akan ada di mana-mana, tak terkecuali juga di jalan bebas hambatan sekalipun.

Cara berkendara melewati genangan air

Nah genangan air inilah yang sahabat Mampoo perlu waspadai, terutama ketika melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian melibas genangan air yang ada, karena jika tidak waspada, mobil yang melibas genangan air yang tinggi dengan kecepatan tinggi akan mendapatkan efek aquaplanning.

Efek aquaplanning ini adalah kondisi dimana roda kehilangan daya cengkram dan “terbang” di atas permukaan air yang menggenang sehingga kehilangan daya cengkram. Biasanya, karena terkejut pengemudi akan melakukan pengereman.
Pengereman inilah yang sangat berbahaya, karena ketika kondisi mobil terbang dan kehilangan daya cengkram ke aspal, lalu rem diinjak, yang terjadi saat mobil mendapatkan daya cengkramnya lagi adalah mobil akan selip, dan akibatnya akan sangat mengerikan.

Tidak percaya? Tonton saja video di bawah ini saat beberapa kendaraan seperti truk dan mobil yang melibas genangan air dengan kecepatan yang tinggi dan kemudian kehilangan kendali.