Pinjaman Syariah, Cara Melakukan Pinjam Uang Tanpa Riba

45
views
Pinjaman Syariah, Cara Pinjam uang Tanpa Riba
Pinjaman Syariah, Cara Pinjam uang Tanpa Riba. Credit: created by Fanjianhua - Freepik.com

Di era sekarang, sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Sedangkan kebutuhan hidup pun semakin bertambah.

Maka dari itu, sebagian dari kita mencoba memberanikan diri untuk membuka usaha. Dengan membuka usaha, orang-orang masih bisa mendapatkan penghasilan dan memperluas peluang bisnis di masa mendatang.

Untuk membantu orang-orang yang berkeinginan untuk membuka usaha, banyak pihak perbankan yang mengeluarkan program pembiayaan untuk modal usaha. Salah satunya dengan pinjaman syariah.

Pinjaman syariah adalah kredit pinjaman yang diberikan lembaga keuangan berbasis syariah ke nasabah untuk berbagai kebutuhan, baik kebutuhan yang bersifat konsumtif maupun yang bersifat mendesak.

Dalam prinsip pinjaman syariah, sistem penyaluran dana tidak dilakukan dengan menetapkan bunga, melainkan dengan menggunakan prinsip islam.

Macam-macam jenis pinjaman syariah sebenarnya masih sama saja dengan konvensional, di mana produk yang dimiliki dibuat untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

Namun sistem pembiayaannya bermacam-macam, dan dalam hal ini bank bertugas sebagai intermedasi uang tanpa meminjamkan dana dan memberi bunga pada sistem penyaluran dana yang diberikan kepada nasabah.

Berikut beberapa jenis pinjaman syariah:

1KTA Syariah

KTA syariah pada prinsipnya sudah mencakup pembiayaan multiguna sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan pembiayaan. Dalam KTA syariah, tersedia berbagai besaran plafon yang beragam, mulai dari 5-200 juta rupiah. KTA syariah juga memberikan biaya pelunasan dari setahun hingga empat tahun, tergantung pada masing-masing bank syariah.

2Pegadaian Syariah

Pegadaian adalah perusahaan milik negara dalam berbisnis di bidang gadai yang sekarang begitu populer melihat kini kantor-kantor pegadaian sudah mencapai ke daerah pelosok. Pegadaian juga memiliki layanan syariah di samping layanan konvensional, bernama RAHN. Sistem layanan ini berdasarkan dengan syariat Islam, dan tanpa adanya riba.

3Pinjaman Online Syariah

Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang lebih menyukai layanan yang berbasis online dan bisa diakses melalui gadget. Industri keuangan syariah yang saat ini tengah berkembang juga sekarang menyediakan layanan pinjaman online syariah. Pinjaman online syariah merupakan layanan pinjaman tanpa bunga yang dapat diakses secara digital oleh nasabah.