gambar facebook
facebook

Berita mengenai Facebook yang akan ditutup Pemerintah Indonesia pada tanggal 24 April 2018 mendatang menjadi viral dan banyak dibicarakan di sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Bahkan dari pengamatan Mampoo, tak sedikit orang-orang yang sudah berpamitan di akun Facebook mereka.

Tetapi, apakah benar Facebook akan ditutup oleh pemerintah?

Facebook yang saat ini sedang dilanda masalah terkait bocornya jutaan data pribadi penggunanya, termasuk satu juta akun pribadi pengguna Facebook Indonesia oleh cambridge analytica memang membuat pemerintah harus bersikap tegas.

Pemerintah memang bisa saja menutup akses Facebook, tetapi tentu saja langkah-langkah penutupan Facebook tersebut harus sesuai prosedur.

Karena Facebook sendiri merupakan sosial media yang sangat besar di Indonesia, yang tak hanya digunakan sebagai curhatan atau corat-coret status tak jelas, tetapi banyak juga yang menggantungkan hidup dari Facebook karena digunakan sebagai tempat berjualan online dan sejenisnya.

Selain bocornya jutaan data pribadi pengguna Facebook, penutupan Facebook juga akan bisa lebih cepat jika Pemerintah menemukan bukti jika Facebook digunakan sebagai tempat untuk penghasutan seperti yang terjadi di Myanmar.

“Kalau ada indikasi bahwa Facebook di Indonesia digunakan untuk penghasutan, seperti yang terjadi di Myanmar. Saya tidak punya keraguan untuk blokir,” ujar Rudiantara seperti yang dilansir oleh Tribunnews.com (20/4/2018).

Terkait penyelidikan bocornya jutaan akun pengguna Facebook Indonesia, pemerintah telah meminta kepada Facebook untuk melakukan audit dan menyerahkan hasil audit kepada Kominfo

Ancaman Facebook Diblokir Pemerintah

Namun hingga batas waktu yang telah ditetapkan oleh Kominfo, Facebook tak kunjung juga menyampaikan data hasil audit mereka, hingga Kominfo harus mengeluarkan Surat Peringatan kedua.

Jika hingga batas waktu Surat Peringatan kedua ini berakhir, Pemertintah Indonesia melalui Kominfo akan bisa mengambil tindakan pemblokiran atau pemutusan sementara akses ke Facebook.