Cara Melewati Genangan Air Saat Mengendarai Mobil Secara Benar

176
views

Ternyata ada caranya tersendiri lo saat mobil yang sahabat Mampoo melewati genangan air.
Yups, tips ini Mampoo berikan, karena saat ini sedang musim hujan, dan seperti biasa jalanan di Indonesia banyak yang tak luput dari genangan air.

Tips melewati genangan air saat mengendarai mobil secara benar ini disampaikan oleh pembalap nasional Indonesia, Rifat Sungkar.

Rifat Sungkar melalui Otosia.com mengatakan bahwa butuh pengetahuan yang baik untuk bisa menerobos genangan air di jalan, dan saat ini banyak orang beranggapan bahwa mobil harus direm saat mobil melewati genangan air.
Padahal menurut pembalap nasional ini, cara ini tidaklah benar karena mobil akan dapat berbalik arah bahkan terguling ketika selesai melewati genangan air.

Nah, bagaimanakah cara yang benar melewati genangan air menurut Rifat Sungkar yang telah berpengalaman di dunia balap ini? Yuk kita simak, tetapi sebelumnya Mampoo asumsikan bahwa tips yang diberikan oleh pembalap nasional ini adalah ketika mobil kita kendarai dalam keceptan tinggi lo ya, kalau dalam kecepatan rendah sih, jangan malah ditinggikan kecepatannya. Karena selain membahayakan mobil, juga pengendara mobil harus bertoleransi terhadap pemakai jalan lain terutama motor dan pejalan kaki karena terciprat.

1. Saat melaju dan melihat genangan air secara tiba-tiba, kurangilah kecepatan kendaraan. Bukan dengan menginjak rem kuat-kuat, tetapi lepaslah pedal gas supaya mobil tidak lepas kendali. Setelah melewati genangan dan mobil dapat terkontrol dengan baik, pedal gas kemudian dapat ditekan kembali dengan perlahan-lahan.

2. Alasan tidak boleh mengerem saat melewati genangan air ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi adalah, pada saat mobil direm di genangan air, ban seakan-akan terbang di atas air, dan ini mengurangi daya cengkram ban. Kejadian tak terduga akan terjadi apabila tiba-tiba ban telah menyentuh permukaan jalan yang kering, dalam kondisi melaju dan ban telah mendapatkan daya cengkramnya kembali, mobil yang direm akan dapat berputar bahkan terguling.

Nah, sudah tahu cara melewati genangan air saat mengendarai mobil yang sedang melaju kan? Paling penting adalah lihat situasi dan kondisi genangan, dan tetaplah tenang untuk dapat menjalankan tips dari Rifat Sungkar tersebut.
Keep safety driving sahabat Mampoo

Berita Terkait
  • Ini Dia Kondisi Mobil Jika Tabrakan Dengan Kecepatan Diatas 190 Km/jam
  • Awas Hati-Hati Saat Berkendara Lewati Genangan Air
  • Mobil Otomotis Google Siap Turun ke Jalan Raya
  • Singa Bisa Buka Pintu Mobil Hati-Hati Liburan Di Taman Safari