gambar baterai xiaomi
gambar baterai xiaomi

Baterai smartphone merupakan komponen yang sangat penting namun sayangnya rentan mengalami kerusakan seperti mudah drop.

Namun ternyata masalah baterai smartphone yang gampang ngedrop tersebut dapat disiasati dengan tiga langkah mudah ini.

Berikut cara membuat baterai smartphone tidak gampang ngedrop

1. Cabut Charge Jika Baterai Sudah 100 Persen

Ada kebiasaan buruk yang dimiliki para pemilik smartphone saat charge baterai, yaitu malas mencabut charger dari colokan listrik ketika indikator baterai sudah mencapai 100 persen.

Bahkan tak jarang pula banyak yang mengecharge smartphone mereka pada malam hari dan kemudian ditinggal tidur kemudian baru dicabut keesokan harinya.

Tidak segera mencabut charger baterai ketika indikator baterai telah mencapai 100 persen dapat memperpendek usia baterai karena mode trickle charges yang terdapat pada charger dapat selalu membuat baterai dalam keadaan 100 persen dan seolah-olah tidak berkurang karena kegiatan apapun.

2. Jangan Selalu Isi Baterai Smartphone Selalu 100 Persen

Mengisi baterai smartphone selalu 100 persen ternyata juga kurang bagus untuk daya tahan umur baterai.
Baterai Lithium-ion yang selalu terisi 100 persen akan menyebabkan baterai cepat mencapai stress dan jenuh, sehingga membuat kemampuan menyimpan daya listrik menjadi semakin melemah.

Jadi daripada mengisi baterai selalu 100 persen dan membutuhkan waktu yang lebih lama, lebih baik sahabat Mampoo mengecharge baterai lebih sering.

3. Suhu Panas

Jaga temperatur suhu baterai smartphone selalu dalam kondisi dingin dan tidak terlalu panas, karena seperti kata Apple yang mengingatkan para pemakai iPhone untuk menjauhkan benda bertemperatur panas saat iPhone diisi daya.

Sahabat Mampoo juga perlu berhati-hati dengan case tambahan atau cover body yang digunakan, untuk menjaga suhu baterai tetap dingin dan tidak terlalu panas saat di charge lebih baik sahabat Mampoo melepas terlebih dahulu case tambahan tersebut.


Nah, semoga setelah mengetahu cara untuk membuat baterai smartphone tidak mudah ngedrop ini, baterai smartphone sahabat Mampoo menjadi lebih awet dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.