Layar hp Android One Mito Impact
Layar hp Android One Mito Impact

Cara mengatasi HP Android hang tiba-tiba ternyata tidaklah sesulit yang dibayangkan. Meskipun sahabat Mampoo merupakan salah satu pemakai hp android dengan spesifikasi yang bagus, bukan menjamin hp android akan bebas dari masalah hang.

Sebelum HP Android sahabat Mampoo tiba-tiba hang, biasanya indikasinya sudah dapat kita ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah hp terasa panas, dan kemudian daya kerjanya akan menurun dengan sangat drastis.

Ketika berada dalam kondisi seperti ini, kebanyakan dari pemakai hp android adalah malah menyalahkan hp-nya yang cepat panas, padahal tidak. Hp android yang panas ini disebabkan karena prosesor maupun memori di dalamnya bekerja secara berlebihan, hal ini disebabkan karena ada aplikasi yang sedang bekerja terus menerus.

Nah, untuk mengatasi hp android yang panas tiba-tiba ini, sahabat Mampoo dapat menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan tidak terpakai. Jika panas ini dibiarkan, akan dapat menyebabkan hp menjadi hang, atau tiba-tiba akan melakukan restart sendiri.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur hang, dan baterai hp ternyata tidak bisa dilepas?

Jika hp android sudah terlanjur hang, sahabat mampoo dapat melakukan cara berikut:

1. Kombinasi tombol power dan volume up atau down

Tekan tombol power dan volume up atau down secara bersamaan. Langkah ini akan membuat hp android sahabat mampoo melakukan recovery mode.

2. Recovery mode

Setelah masuk ke recovery mode, sahabat mampoo akan melihat banyak pilihan. Untuk memilih menu yang ada, gunakan tombol Up dan Down.

3. Pilih menu Wipe Data.

Pilihan wipe data ini melakukan pembersihan data, seperti format hp ke mode factory default
Pilihlah yes, delete all user data agar sistem android melakukan penghapusan data.

4. Pilih Reboot system now

Setelah itu, pilihlah menu Reboot System Now agar hp dapat melakukan restart.

Proses restart ini akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari proses restart biasa. Jadi bersabarlah menunggu hingga tampilan homescreen hp terpampang di layar.


Selamat mencoba.