cara mengatasi mabuk darat saat mudik
cara mengatasi mabuk darat saat mudik

Waktu mudik semakin dekat, dan bagi sahabat Mampoo yang bersiap mudik namun memiliki masalah mabuk darat tentu akan merasa sedikit cemas. Apalagi jika sahabat Mampoo sudah berumur, tentu masalah mabuk darat ini bisa membikin malu.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi mabuk darat yang dapat mengganggu perjalanan mudik sahabat Mampoo, ada baiknya sahabat Mampoo mengetahui terlebih dahulu penyebab dari penyakit yang bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa ini.

Penyebab mabuk darat dan cara mengatasinya

Mabuk darat disebabkan karena sensor otak sahabat Mampoo tidak seimbang. Penyebab terganggunya sensor otak ini disebabkan karena kondisi tubuh dalam kondisi tidak seimbang, yang bisa disebabkan karena badan bergoyang terus ataupun kondisi lainnya.
Tanda-tanda datangnya penyakit yang banyak menimpa para penumpang kendaraan darat ini antara lain adalah perut terasa mual, muncul keringat dingin, wajah terlihat pucat, badan lemas dan akhirnya disertai dengan muntah.

Untuk cara mengatasi mabuk darat ini ada beberapa cara, antara lain yaitu:

1. Melihat pemandangan luar

Jika sahabat Mampoo mengedarai kendaraan seperti mobil, bus ataupun kereta api, usahakan untuk tidak fokus memandang dalam saja. Tebarkan pandangan melihat pemandangan luar, khususnya pemandangan dari depan.
Apalagi jika kondisi jalan berkelak-kelok, melihat pemandangan luar dari arah depan sangat diperlukan untuk mengalihkan perhatian agar tidak mudah mengalami mabuk di perjalanan.

2. Posisi Duduk

Posisi duduk juga dapat menyebabkan mabuk darat datang secara tiba-tiba.
Posisi duduk di atas roda, di bagian belakang akan menyebabkan lebih mudah terserang mabuk darat.
Jika sahabat Mampoo seorang yang mudah terserang penyakit yang sangat dibenci traveler ini, usahakan untuk memilih tempat duduk di bagian tengah ataupun di bagian depan yang dapat dengan mudah melihat pemandangan luar.
Jika tanda-tanda mabuk darat menyerang, disarankan juga sahabat Mampoo mendapatkan udara langsung dari luar dengan cara membuka kaca kendaraan.

3. Minum obat

Minum obat anti mabuk darat juga disarankan jika sahabat Mampoo seorang yang mudah terserang mabuk darat.
Namun yang perlu diingat adalah, efek dari minum obat ini akan dapat menyebabkan sahabat Mampoo tertidur selama perjalanan. Sebenarnya sedikit berbahaya apabila sahabat Mampoo bepergian sendirian dan naik kendaraan umum.

4. Sediakan Permen

Ada baiknya jika selama perjalanan mudik nanti, sahabat Mampoo juga menyediakan permen, terutama permen yang mengandung mint yang dapat dengan mudah mengurangi rasa mual akibat terkena gangguan awal mabuk darat.
Perlu diperhatikan juga, sebelum melakukan perjalanan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak ataupun makan-makanan yang terlalu pedas.


Selamat menjalani mudik bertemu dengan keluarga tercinta. Safe mudik, safe dalam perjalanan.