new macbook pro
new macbook pro

Saat ini Macbook Pro terbaru tengah menjadi perbincangan di berbagai kalangan, karena memang performa dan fiturnya lebih unggul dibandingkan jenis lainnya. Berbeda dengan jenis laptop biasanya, maka Macbook pun memiliki cara penggunaan yang berbeda, misalnya dalam tampilan OS-nya, antara Windows dan Mac OSX tentunya memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Selain itu, dalam trackpadnya juga sangat berbeda, sebab di Macbook berbagi aktivitas seperti menggulir, mengklik atau lainnya, dilakukan menggunakan trackpad multi touch atau magic mouse.

Bagi Anda yang sudah memiliki Macbook Pro terbaru, apakah sudah bisa memfungsikan trackpad dengan baik? Ya, menggunakan trackpad memang tak mudah, sebab antara laptop biasa dan Macbook memiliki perbedaan yang sangat jauh pada fungsi trackpadnya.

Meski terlihat sangat sulit, ternyata trackpad pada Macbook mampu meningkatkan produktivitas ketika Anda bekerja, selain itu jika telah terbiasa maka penggunaannya lebih mudah.

Nah, bagi Anda yang belum bisa memfungsikan trackpad dengan baik, maka berikut ini cara menggunakan gestur trackpad Macbook:

Cara Menggunakan Trackpad Macbook Pro Terbaru

1. Meng-klik

Salah satu fungsi trackpad yang perlu diketahui dari Macbook Pro terbaru Anda, adalah bagaimana untuk mengklik. Berbeda dengan laptop yang berbasis Windows, untuk klik kanan atau klik kiri telah dilengkapi fungsi tersebut dalam trackpadnya, namun tidak dalam Macbook.

Nah, untuk melakukan fungsi klik kanan dan klik kiri dalam Macbook yaitu dengan ketuk 1 jari untuk klik kiri dan ketuk 2 jari untuk klik kanan. Sehingga jika Anda ingin membuka konteks menu maka bisa klik kanan dengan ketuk dua jari secara bersamaan.

Namun sebelum Anda melakukan fungsi tersebut, pastikan opsi Secondary click dan Tap to Click pada trackpad preferences diaktifkan terlebih dahulu. Dan untuk mengaktifkannya bisa dengan pilihan click or tab with two fingers.

Bagi Anda yang sudah tau fungsi tersebut, apakah sudah mengetahui fungsi ketukan 3 jari? Jarang orang yang mengerti fungsi ketukan 3 jari, karena memang fungsi ini jarang digunakan. Sebagai tambahan, fungsi ini digunakan untuk menampilkan definisi kamus atau arti kata dari sebuah aplikasi yang Anda miliki.

2. Menggulir

Jika di Windows mengulir hanya bisa dilakukan pada trackpad yang telah dibekali fungsi ini saja, namun tidak dalam Macbook, sebab berbagai Macbook Pro terbaru Anda tetap bisa melakukan fungsi tersebut.

Caranya yaitu dengan letakkan dua jari diatas trackpad, kemudian geser jari ke atas jika ingin menggulir ke atas, dan geser jari ke bawah jika ingin menggulir ke bawah. Selain itu, fungsi tersebut juga bisa Anda gunakan untuk geser ke kanan atau ke kiri dengan cara yang sama.

3. Zoom in atau Zoom Out

Untuk melakukan fungsi Zoom in dan Zoom out pada Macbook Pro terbaru Anda sangatlah mudah, yakni dengan ketuk 2 kali menggunakan 2 jari pada konten yang akan diperbesar. Kesalahan yang sering dilakukan adalah ketuk 2 kali menggunakan 1 jari, sehingga pastikan untuk melakukan fungsi ini dengan menggunakan 2 jari.

4. Memutar

Menariknya dari Macbook adalah trackpadnya bisa melakukan fungsi memutar dokumen. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan meletakan 2 jari di atas trackpad kemudian lakukan gerakan gestur melingkar. Namun perlu Anda ketahui, cara ini tidak dapat berfungsi dalam browser web.

5. Berpindah halaman

Bagi Anda yang masih bilang menggunakan Macbook sangatlah sulit, maka itu persepsi yang salah. Buktinya trackpad Macbook dapat melakukan fungsi berpindah halaman tanpa klik halaman yangdiinginkan, sehingga bisa lebih cepat.

Caranya yaitu dengan letakkan 2 jari pada trackpad, kemudian geser ke kiri atau ke kanan sesuai halaman yang Anda inginkan. Namun untuk bisa melakukan fungsi tersebut, pastikan Anda telah mengaktifkan trackpad preferences dengan memilih opsi gesture swipe between pages.

6. Mission Control

Bagi Anda yang sering bekerja menggunakan aplikasi yang banyak, maka dengan mengelompokkan beberapa virtual desktop akan mempermudah pekerjaan. Nah, dalam Mac OSX ini Ada bisa menggunakan fungsi Mission Control yang berfungsi untuk mengakses serta memanajemen aplikasi ataupun virtual.

Dan untuk menjalankan fungsi ini, bisa dengan meletakan 4 jari di atas trackpad, kemudian lakukan gerakan swip ke atas. Atau mungkin Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard F4.

Dengan berbagai penjelasan tersebut, apakah masih mengatakan jika Macbook lebih sulit dibandingkan Windows? Tentu tidak bukan. So, sekarang Anda tak bingung lagi bukan dengan bagaimana cara mengoperasikan trackpad pada Macbook Pro terbaru Anda.